Facebook bakal sembunyikan jumlah like

Jane Manchun Wong telah menemukan bahwa dalam aplikasi Facebook Android tidak menemukan jumlah like pada postingan.

Facebook bakal sembunyikan jumlah like Source: The National

Facebook dikabarkan mulai menguji apakah platformnya harus mulai menyembunyikan jumlah like. Dilansir dari The Verge (2/9), peneliti aplikasi, Jane Manchun Wong, menemukan kode di dalam aplikasi Facebook Android yang menyembunyikan jumlah like pada postingan pengguna lainnya. 

Diklaim pengguna lain hanya akan melihat beberapa reaksi emoji dan komentar. Namun untuk like hanya akan ditampilkan "nama seorang teman dan orang lain", dibanding menampilkan jumlah like tertentu. Di sisi lain, Facebook juga telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mempertimbangkan pengujian yang akan menyembunyikan jumlah penghitungan, namun diklaim tes tersebut belum dimulai. 

Tampaknya pengujian ini cukup masuk akal, mengingat Instagram telah menguji jumlah like yang disembunyikan dengan cara yang sama pada awal tahun ini. Kemudian pengujian dikabarkan telah berhasil sejauh ini, karena telah diperluas ke lebih banyak negara. Ditambah orang-orang yang menjadi bagian dari pengujian ini tampaknya juga menyukainya. 

Sementara penghitungan like telah menjadi fitur utama di Facebook yang bertahan selama satu dekade, dan kemungkinan membuat penggunanya merasa khawatir tentang apakah postingan mereka mendapatkan jumlah like yang cukup. Kemudian dengan menghilangkan kemampuan penghitungan tersebut diharapkan dapat membuat kehilangan rasa khawatir para penggunanya.

Bagaimana menurut mu? Apakah jumlah like yang disembunyikan tersebut akan berpengaruh?

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: