Facebook akuisisi startup GrokStyle demi perluas AI

Facebook mengumumkan akuisisi startup belanja visual dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) - GrokStyle.

Facebook akuisisi startup GrokStyle demi perluas AI (Foto: Time)

Facebook mengumumkan akuisisi startup belanja visual dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) - GrokStyle. Upaya akuisisi ini juga merupakan bagian dari upaya Facebook untuk meningkatkan kinerja AI raksasa media sosial tersebut.

Sebagai gambaran, teknologi GrokStyle diintegrasikan ke dalam aplikasi seluler Ikea. Seorang pengguna misalnya memotret sebuah perabot. Teknologi GrokStyle kemudian akan mencocokkan dengan produk serupa yang bisa dibeli secara online.


BACA JUGA

Facebook ciptakan AI pengubah video menjadi gim

Facebook bakal gabung News Feed dan Stories

Inggris ingin tombol Like pada Facebook dihilangkan


Di situs web-nya, GrokStyle mengatakan perusahaan menghentikan bisnisnya, namun berpindah sebagai tim bersama teknologinya. Namun perusahaan tak mengungkapkan bahwa pihaknya diakuisisi Facebook

"kami sangat senang menyambut GrokStyle ke Facebook... Tim dan teknologi mereka akan berkontribusi pada kemampuan AI kami," kata juru bicara Facebook Vanessa Chan dalam sebuah pernyataan.

Sayangnya dia menolak mengungkap nilai kesepakatan antar perusahaan. Dilansir Bloomberg (11/2), Facebook sendiri bisa menggunakan teknologi AI yang mendasari perusahaan dan karyawan GrokStyle untuk mendukung bisnisnya. Teknologi itu juga masuk akal untuk diadopsi di Facebook Marketplace - layanan perusahaan untuk membeli dan menjual barang-barang dari pengguna lain di jejaring sosial Facebook.

Pembelian Facebook atas GrokStyle menandai akuisisi kedua yang dilakukan raksasa media sosial itu di tahun ini. Awal bulan ini, Facebook membeli tim dibalik perusahaan blokchain Chainspace dengan nilai akuisisi yang tak diungkap. Di tahun 2018 sendiri, Facebook diketahui telah mengakuisisi setidaknya empat perusahaan termasuk startup yang fokus pada perpesanan dan AI.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: