sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Senin, 12 Okt 2020 11:05 WIB

Exynos 1080, chip pertama yang pakai Cortex-A78

Exynos 1080 akan meluncur dalam waktu dekat ini. Kabarnya chip ini jadi yang pertama menggunakan arsitektur A78.

Exynos 1080, chip pertama yang pakai Cortex-A78
Source: Google

Samsung mengumumkan akan meluncurkan prosesor flagship terbarunya, yakni Exynos 1080. Ini akan menjadi chip pertama yang menggunakan Cortex A78 berdasarkan fabrikasi 5nm. Samsung kabarnya juga akan meluncurkan smartphone pertama yang akan menggunakan arsitektur ini. 

Untuk diketahui, Exynos 1080 akan menjadi chipset paling mutakhir yang dimiliki Samsung dengan proses 5nm LPE. Exynos 1080 dilaporkan akan menggunakan arsitektur dual klaster Cortex-178 dan Cortex-A55. Di sektor GPU, chipset ini akan terintegrasi dengan GPU Mali-G78. 

Dilansir dari Gizchina (12/10), chipset terbaru ini kabarnya menawarkan peningkatan performa CPU sebesar 20% dan peningkatan performa GPU sebesar 25%. Hasil benchmark chip ini dikatakan setara dengan Snapdragon 865 Plus, yakni 650000 di AnTuTu. 

Samsung akan meluncurkan chipset ini secara resmi pada kuartal keempat tahun ini. Namun, belum diketahui tanggal pasti peluncurannya. Yang pasti adalah, Samsung Galaxy A72 akan hadir dengan chipset terbaru ini. Kabar lain juga menyebut kalau vivo pun akan menggunakan chipset yang sama untuk produk X60. 

Ini bukan kali pertama vivo menggunakan chipset Exynos untuk perangkatnya. Sebelumnya, vivo sudah menggunakan Exynos 880 untuk beberapa seri smartphone-nya. Vivo diduga kuat akan kembali menggunakan chipset Exynos, yakni di vivo X60. 

Sampai saat ini, Exynos 990 masih menjadi chipset paling canggih buatan Samsung. Chipset ini digunakan di produk flagshipnya, seperti Galaxy S20 Series dan Galaxy Note20 Series. Versi ini saja sudah dikatakan menawarkan peningkatan kecepatan sebesar 20% dibandingkan pendahulunya. Di versi ini, Samsung menggunakan kombinasi arsitektur miliknya sendiri dengan milik ARM, yang menuai beberapa kritik karena perbedaan performa dengan versi flagship yang memakai Snapdragon. Nah, di Exynos 1080 ini, Samsung sepenuhnya menggunakan arsitektur ARM 
 

Share
×
tekid
back to top