sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 17 Okt 2022 11:04 WIB

Siapa yang bayar bantuan Starlink di Ukraina? Ini jawaban Elon Musk

Elon Musk menyatakan akan terus membayar proyek bantuan internet satelit Starlink untuk Ukraina, meskipun perusahaan merugi.

Siapa yang bayar bantuan Starlink di Ukraina? Ini jawaban Elon Musk

Elon Musk baru-baru ini membuat klarifikasi atas pernyataan yang mungkin akan mengguncang keamanan suatu negara. Sebelumnya, miliarder itu menyatakan tidak dapat terus mendanai internet satelit Starlink di Ukraina, yang katanya merugi sekitar USD20 juta per bulan. Namun keesokan harinya, ia men-tweet akan terus membayar proyek tersebut. 

"Meskipun Starlink masih merugi dan perusahaan lain mendapatkan miliaran dolar dari pembayar pajak, kami akan terus mendanai pemerintah Ukraina secara gratis," tulis Musk dalam cuitannya Sabtu (15/10).

Satu hari sebelum membuat cuitan tersebut, Musk mengatakan tidak adil SpaceX tidak disubsidi oleh militer AS untuk mengoperasikan Starlink di Ukraina. Sementara pesaingnya, Lockheed Martin dan Boeing menerima "miliaran" untuk menyediakan sumber daya.

Dilansir dari The Guardian (17/10), militer AS mengonfirmasi pihaknya sedang berkomunikasi dengan SpaceX untuk pendanaan jaringan internet satelit.

Bantuan Starlink di Ukraina

Seperti diketahui, SpaceX menyumbangkan sekitar 25.000 terminal darat ke Ukraina untuk membantu komunikasi negara, terlebih dalam berperang melawan invasi Rusia. Namun, beberapa orang mengeluhkan sumbangan perusahaan hanyalah sebagian kecil dari jumlah aktual terminal Starlink yang digunakan di negara tersebut.

“Saya mengagumi tindakan SpaceX dalam mengaktifkan layanan Starlink di Ukraina. Ini adalah game changer sejati bagi tentara Ukraina di lapangan terbuka tanpa seluler, dan jarak jauh yang tidak cocok untuk radio, mengingat situasinya berubah dengan cepat di medan perang,” tulis Dimko Zhluktenko, pendiri badan amal militer Ukraina Dzyga's Paw. 

“Meskipun begitu, Saya belum melihat Starlink apapun yang dibeli oleh pemerintah, atau oleh SpaceX. Semua Starlink yang Saya lihat/gunakan – dibeli oleh sukarelawan seperti Saya, atau tentara yang memasukkan uang pribadi mereka. Harga berlangganan juga dibayar dari kantong.”

Aktivis Ukraina Melaniya Podolyak menambahkan bahwa "ribuan" orang Ukraina membayar perusahaan Musk setiap bulan, membagikan tangkapan layar rekening banknya sendiri dengan lebih dari £ 6.000 dibayarkan ke Starlink. 

“Jadi pertanyaannya adalah: apakah Anda benar-benar kehilangan lebih banyak uang daripada yang Anda peroleh?”

Share
×
tekid
back to top