sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 01 Des 2022 13:48 WIB

Elon Musk bakal uji coba Neuralink pada manusia tahun depan

Elon Musk dikabarkan berencana uji coba teknologi Neuralink milik perusahaan ke manusia tahun depan.

Elon Musk bakal uji coba Neuralink pada manusia tahun depan

Elon Musk baru-baru ini mengatakan akan memulai uji klinis chip Neuralink pada manusia yang ditargetkan akan terjadi dalam enam bulan kedepan. Pengujian pertama ini akan difokuskan untuk memulihkan penglihatan.

"Kami ingin sangat berhati-hati dan yakin bahwa Neuralink akan bekerja dengan baik sebelum memasukkan chipset kami ke manusia,” kata Musk dilansir dari Reuters (1/12). “Kami telah menyerahkan sebagian besar dokumen kami ke FDA dan kami pikir mungkin dalam waktu sekitar enam bulan kami bisa menanam chipset Neuralink pertama pada manusia."

Musk sebelumnya mengungkapkan bahwa perusahaannya telah berhasil menanamkan chip ke dalam otak seekor monyet. Hewan itu dikatakan bisa bermain video gim seperti layaknya manusia. 

Neuralink memasukkan chip komputer ke tengkorak monyet dan kemudian menghubungkannya ke otak dengan kabel kecil. Musk mengatakan Neuralink seperti meletakkan perangkat Fitbit di tengkorak, lalu kabel kecil menghubungkan alat tersebut ke otak. 

Seperti diketahui, Musk mengatakan bahwa tujuan Neuralink sendiri adalah untuk mempercepat aliran informasi dari otak manusia ke mesin. 

Dua pengaplikasian manusia pertama yang ditargetkan oleh perangkat Neuralink akan memulihkan penglihatan dan memungkinkan pergerakan otot mata bahkan pada orang yang tidak dapat melakukannya.

"Bahkan jika seseorang tidak pernah memiliki penglihatan, seperti dilahirkan buta, kami percaya kami masih dapat memulihkan penglihatan mereka," papar Musk.

Namun di sisi lain, pada kenyataannya, Neuralink berjalan jauh dari jadwal yang sudah diumumkan. Musk mengatakan dalam presentasinya pada tahun 2019 bahwa dia menargetkan persetujuan peraturan ini pada akhir tahun 2020. 

Dia kemudian mengatakan pada sebuah konferensi di akhir tahun 2021 bahwa dia berharap untuk memulai uji coba manusia tahun ini.

Tag
Share
×
tekid
back to top