sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 14 Des 2021 10:05 WIB

Earphone TWS terbaik 2021 pilihan kami

Ada banyak earphone TWS dari berbagai merek yang hadir ke tim redaksi Tek.id untuk diulas. Setidaknya, kami telah mengulas 11 TWS.

Earphone TWS terbaik 2021 pilihan kami

Tek Awards memulai debutnya pada tahun 2019, yang mana kala itu kami memilih beberapa penghargaan untuk beberapa ponsel dan laptop hingga tahun 2020. Pada tahun 2021 ini, terdapat kategori baru, yaitu earphone nirkabel berbasis TWS (true wireless stereo).

Ada banyak earphone TWS dari berbagai merek yang hadir ke tim redaksi Tek.id untuk diulas. Setidaknya, kami telah mengulas 11 TWS. Seluruh TWS ini kami telah ulas hingga bulan September 2021. Berbagai TWS di sini adalah Huawei Freebuds Pro, Honor Choice, Samsung Galaxy Buds Pro, Razer Hammerhead True Wireless (Gen 2), OPPO Enco Buds, dan masih banyak lagi.

TWS terbaik versi Tek.id adalah…

Setelah pemilihan melalui musyawarah, pilihan TWS terbaik pilihan kami jatuh pada Samsung Galaxy Buds Pro. TWS ini mengalahkan perangkat yang telah kami ulas hingga September 2021 seperti Huawei Freebuds Pro, Honor Choice, 1 More True Wireless ANC, Huawei Freebuds 4i, Razer Hammerhead True Wireless, Samsung Galaxy Buds 2, OPPO Enco Air, OPPO Enco Buds, realme Buds Air Pro, dan realme Buds Air 2.

Galaxy Buds Pro terpilih sebagai pemenang TWS terbaik karena memiliki suara yang seimbang antara frekuensi rendah, menengah, dan tinggi. Ini mampu dihasilkannya berkat kelengkapan driver ganda pada masing-masing earphone.

Setiap earphone menawarkan woofer berdiameter 11 mm dan tweeter berdiameter 6,5 mm. Dengan demikian, suara yang dihasilkan tidak saling mendominasi satu sama lain jika dibandingkan dengan kompetitornya. Suara bass yang dihasilkannya tidak terjadi distorsi pada suara vokal maupun suara bass-nya itu sendiri. Audio yang ditawarkan Galaxy Buds Pro didukung oleh teknologi AKG.

Proses pairing-nya sendiri menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Wearable, baik untuk terhubung ke smartphone Samsung atau ponsel merek lainnya, sehingga menurut kami prosesnya lebih mudah. Setelah earbuds dan ponsel terhubung satu kali, proses pairing selanjutnya akan lebih mudah.

Samsung menyediakan enam opsi equalizer meliputi Normal, Bass boost, Soft, Dynamic, Clear, serta Treble boost. Jumlah opsi ini terbilang lengkap dan sangat membantu mengatur output musik yang nyaman di telinga. Dukungan ini membantu pengguna yang awam akan equalizer untuk mendapatkan audio yang nyaman.

Galaxy Buds Pro juga hadir dengan fitur ANC. Menariknya, Samsung turut menyertakan dukungan Artificial Intelligence (AI) pada fitur ANC di Galaxy Buds Pro. Berkat AI, Galaxy Buds Pro dapat beralih mode ANC ke mode Ambient secara otomatis ketika mendengar suara pengguna berbicara. Dalam kondisi ini, musik yang diputar juga akan berhenti.

Tentu saja ada kepraktisan ketika mengakses earphone ini tanpa harus menggunakan ponsel yang terhubung. Sejumlah pengoperasiannya dapat dijalankan dengan lancar seperti untuk memindah lagu, mengangkat atau menutup panggilan, hingga menambah atau mengurangi volume. Agar latensi lebih minim, tidak ketinggalan pula Game Mode.

Editor
Share
×
tekid
back to top