Dyson tidak jadi bikin mobil listrik

Pabrikan asal Inggris itu mengumumkan proyek tersebut pada tahun 2017 dan sekitar setahun yang lalu, proyek ini meluncurkan rencana untuk pabrik mobil listrik di Singapura.

Dyson tidak jadi bikin mobil listrik Source: Dyson via Engadget

Kabar agak mengagetkan hadir dari Dyson yang diinformasikan telah menutup proyek mobil listriknya. Perusahaan asal Inggris ini mengatakan meski tim otomotifnya telah menciptakan mobil listrik fantastis, mobil ini tidak “layak secara komersial.” Mereka akan terus bekerja pada teknologi baterai solid-state yang dikembangkan khusus untuk kendaraan listrik.

Dalam sebuah email yang ditujukan ke karyawannya, pendiri perusahaan Sir James Dyson mengatakan mereka telah berusaha mencari pembeli untuk proyek tersebut tanpa hasil, sebagaimana yang diberitakan oleh BBC. Dalam membatalkan divisi, Dyson mematikan fasilitas kendaraan listrik di Inggris dan Singapura.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Toyota desain ulang Mirai demi saingi Tesla

Boeing dan Porsche kembangkan mobil listrik terbang

Tata Motors hadirkan mobil listrik terjangkau


Pabrikan asal Inggris itu mengumumkan proyek tersebut pada tahun 2017 dan sekitar setahun yang lalu, proyek ini meluncurkan rencana untuk pabrik mobil listrik di Singapura. Fasilitas ini seharusnya akan selesai pada tahun 2020, dengan produksi dijadwalkan untuk memulai di tahun berikutnya.

Dyson mengatakan bakal menghabiskan dana sebanyak GBP200 juta (Rp3,5 triliun) untuk jalur uji serta penelitian dan pengembangan di Inggris. Mereka telah menghabiskan sebagian besar anggaran itu, dan mengatakan akan menggunakan lokasi tersebut untuk proyek lain. Pada tahun 2016, Dyson menerima hibah pemerintah Inggris sebesar GBP16 juta (Rp282 miliar) untuk penelitian & pengembangan teknologi baterai.

Mobil pertama sudah dibuat dan sedang dalam pengujian. Dilansir dari Engadget (10/10), perusahaan akan mencoba mencari peran lain untuk 523 karyawannya yang masuk ke dalam divisi kelengkapan rumah, yang membuat produk termasuk pengering rambut, kipas angin, dan penghisap debu.

Ini bukan pertama kalinya Dyson menghentikan proyek yang tidak mendapatkan untung. Pada tahun 2005 silam, perusahaan ini berhenti menjual mesin cuci Contrarotator mereka yang sempat menjadi andalan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: