sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
Jumat, 10 Jul 2020 12:37 WIB

Dukung UKM, TikTok for Business meluncur di Indonesia

TikTok for Business telah resmi diluncurkan untuk membantu UKM, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Dukung UKM, TikTok for Business meluncur di Indonesia
Source: TechCrunch

TikTok telah meluncurkan platform self-serve TikTok for Business, yang dapat digunakan para pebisnis  untuk mendapatkan solusi periklanan. Selain itu melalui program ‘Back-To-Business’, TikTok juga ingin membantu UKM di dunia terutama di masa pandemi Covid-19. Platform ini juga bertujuan untuk memberdayakan industri bisnis di Indonesia untuk menjangkau audiens yang tepat melalui komunitas TikTok yang kreatif dan inklusif.  

Diketahui data dari Ketua Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumindo) tahun 2018, UKM berkontribusi terhadap lebih dari 60% PDB Indonesia. Tetapi, pandemi Covid-19 ini memberikan dampak bagi UKM. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dalam website resminya mengatakan bahwa penjualan online justru mengalami peningkatan. Di sinilah pemerintah mendorong UKM untuk memanfaatkan platform digital. Saat ini, dari 60 juta UKM di Indonesia, hanya ada 8 juta yang menggunakan platform digital. 

"Pemerintah menangkap keresahan pelaku UKM yang menginginkan adanya peningkatan penjualan melalui platform digital, dan itulah yang melatarbelakangi program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang terdiri dari dua target utama, yaitu mendorong penggunaan platform digital serta mendukung produk buatan dalam negeri. Oleh karena itulah, kami mengapresiasi langkah mitra platform digital, termasuk TikTok, yang memberikan fitur khusus untuk mendukung program digitalisasi UKM ini," kata Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Odo R.M. Manuhutu. 

Melalui TikTok for Business self serve, pebisnis bisa memanfaatkan berbagai fitur. Ini termasuk Creative Tools yang memungkinkan pemasar merasakan kreativitas komunitas TikTok saat menceritakan kisah produk atau layanan mereka, yang dilengkapi dengan Video Creation Kit, Smart Video Soundtrack, dan TikTok Adstudio. 

Terdapat pula fitur Flexible Budgets yang memungkinkan perusahaan dari berbagai level dan kategori untuk menyesuaikan pengeluaran mereka kapan saja, dan fitur Performance Targeting yang memungkinkan audiens baru untuk menemukan bisnis Anda. Tak ketinggalan, terdapat pula fitur Business Account untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis dalam analisa keterlibatan dan performa bisnis terhadap audiens. 

Selain meluncurkan platform self-serve, TikTok juga melanjutkan komitmennya untuk mendukung pelaku UKM di masa Covid-19 dengan meluncurkan program “Back-to-Business” di berbagai negara di dunia. Melalui program ini, para pelaku usaha akan memiliki kesempatan untuk beriklan di TikTok dengan kredit sebesar USD300 untuk digunakan hingga 31 Desember 2020. 

Share
back to top