sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
Kamis, 21 Mei 2020 11:15 WIB

Doug Loverro keluar dari NASA seminggu sebelum Crew Dragon diluncurkan

Doug Loverro, Kepala program penjelajahan manusia untuk NASA mengundurkan diri seminggu sebelum misi Crew Dragon diluncurkan.

Doug Loverro keluar dari NASA seminggu sebelum Crew Dragon diluncurkan
Source: The Verge

Kepala program penjelajahan manusia untuk NASA, Doug Loverro, dikabarkan mengundurkan diri setelah kurang dari enam bulan setelah mengambil alih posisi dalam agensi tersebut. Kabar ini didapat dari memo NASA yang dilaporkan oleh The Verge (21/5).

Perubahan drastis dalam kepemimpinan itu terjadi satu minggu sebelum NASA meluncurkan astronot pertama dari AS dalam misi penerbangan ke ISS menggunakan pesawat ruang angkasa baru yakni Crew Dragon dari SpaceX.

Ini merupakan kali keduanya posisi di NASA rancu selama masa pemerintahan Trump. Sebelum Loverro, kepala misi penjelajahan manusia NASA diduduki oleh William Gerstenmaier hampir 15 tahun. Lalu, pada Juli 2019 NASA menurunkannya dan posisi sempat kosong selama 5 bulan setelahnya.

"Loverro mulai bekerja (sebagai kepala penjelajah manusia) pada awal tahun ini dan telah membuat kemajuan yang signifikan selama waktunya di NASA," tulis sebuah memo karyawan, "Kepemimpinannya telah membuat kami semakin dekat dalam mencapai tujuan kami untuk mendaratkan wanita dan pria pertama berikutnya di Bulan pada tahun 2024. Loverro telah mendedikasikan lebih dari empat dekade hidupnya untuk melayani negara kami, dan kami berterima kasih untuk layanan dan kontribusinya kepada agensi. "

Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan Loverro mengundurkan diri pada 18 Mei lalu. Dalam memonya kepada staf, Loverro mengaitkan pengunduran dirinya dengan risiko yang ia ambil awal tahun ini, tetapi tidak ada bayangan apa yang ia maksud itu.

"Misi kami tentu tidak mudah, juga bukan untuk orang yang lemah hati, dan mengambil risiko adalah bagian dari deskripsi pekerjaan,” tulisnya, “Risiko yang kita ambil, baik teknis, politik, atau pribadi, semuanya memiliki konsekuensi potensial jika kita salah menilai. Saya mengambil risiko seperti itu di awal tahun karena saya menilai perlu untuk memenuhi misi kami. Sekarang, di atas keseimbangan waktu, jelas bahwa saya membuat kesalahan dalam pilihan itu yang saya sendiri harus menanggung akibatnya. ”

Ken Bowersox, mantan astronot dan wakil administrator asosiasi untuk penjelajahan manusia, akan mengambil alih pekerjaan Loverro.

Sebagai administrator rekanan untuk penerbangan luar angkasa manusia, Loverro mengawasi program Artemis, rencana untuk mengirim wanita pertama dan pria berikutnya ke Bulan pada tahun 2024. Loverro juga telah bertugas dalam mengatur kembali rencana NASA untuk membantu mengubah orbit Bumi yang rendah menjadi lebih banyak domain komersial.

"Saya ingin memperjelas fakta bahwa saya mengambil langkah ini tidak ada hubungannya dengan kinerja Anda sebagai sebuah organisasi, tidak juga dengan rencana yang kami lakukan untuk memenuhi misi kami," tulis Loverro dalam memo kepada staf. Dirinya menambahkan, kepergiannya itu merupakan tindakan pribadinya, dan tidak ada sangkut pautnya dengan pencapaian tim selama ini.

Share
back to top