Dokter di India lakukan operasi menggunakan robot

Ini bukanlah pertama kalinya robot digunakan di ruang operasi. Operasi berbasis bantuan robot pertama di dunia dilakukan pada tahun 1985.

Dokter di India lakukan operasi menggunakan robot Source: Pexels

Ahli bedah di India dilaporkan melakukan operasi pasien dari jarak jauh menggunakan robot yang disebut CorPath GRX. Robot ini dikendalikan menggunakan workstation dengan beberapa joystick sehingga memungkinkan ahli bedah untuk mengontrolnya secara real-time sambil melihat video streaming. Dilansir dari Digital Trends (10/9), prosedur operasi itu membedah pembuluh darah jantung yang telah sempit akibat penumpukan plak.

Lima pasien dengan luka arteri koroner tipe A dapat ditangani. Titik akhir primer adalah kesuksesan prosedural tanpa kejadian yang merugikan. Tidak ada komplikasi prosedural atau efek samping yang terjadi, dan semua pasien dipulangkan keesokan harinya. Hasil operasi sangat baik, setara dengan prosedur di laboratorium.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Menkominfo berbincang dengan robot Sophia

Robot humanoid Rusia sedang dalam perjalanan pulang ke Bumi

Astronot akan punya asisten robot cerdas dan mutakhir


Robot tersebut diproduksi oleh perusahaan bernama Corindus. Perusahaan ini diinformasikan telah menggunakannya untuk melakukan beberapa tes jarak jauh di Amerika Serikat (AS) karena terus bekerja berusaha menuju tujuannya demi merawat pasien di seluruh wilayah terpencil dan kurang terlayani di dunia. Selain itu, memungkinkan pasien dipantau dalam jangka panjang agar memastikan mereka merespons dengan baik terhadap pengobatan.

Ini bukanlah pertama kalinya robot digunakan di ruang operasi. Operasi berbasis bantuan robot pertama di dunia dilakukan pada tahun 1985. Sejak masa itu, teknologi robot telah digunakan dalam ribuan prosedur meskipun tidak pernah melintasi jarak yang begitu jauh.

Digital Trens juga pernah membahas seputar operasi yang dilakukan di Fakultas Kedokteran University of Pennsylvania yang melibatkan operasi tulang belakang pertama yang dibantu robot. Prosedur rumit ini menggunakan lengan robotik mutakhir untuk mengangkat tumor dari leher pasien berusia 27 tahun.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: