sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
Rabu, 03 Mar 2021 13:13 WIB

DJI rilis drone FPV berkecepatan 140 km/jam

FPV memiliki kamera yang dapat merekam video 4K pada kecepatan 60 fps. Ini menggunakan stabilisasi RockSteady GoPro dan memiliki bidang pandang 150 derajat.

DJI rilis drone FPV berkecepatan 140 km/jam

DJI akhirnya merilis drone dengan tampilan first-person yang mendukung FPV Googles mereka setelah beberapa waktu lalu terdapat bocorannya. FPV ini hadir dengan versi terbaru dan ada kontroler gerak satu tangan opsional. Perusahaan itu menyebutnya sebagai drone hibrida yang memadukan elemen perangkat FPV sinematik dan drone balap.

DJI berharap untuk membuat drone first-person untuk terbang lebih mudah diakses dengan menghadirkan fitur-fitur andalannya. Aplikasi DJI Virtual Flight akan membantu pemula berlatih sebelum mereka benar-benar mulai terbang. Ada tutorial untuk membantu pengguna melakukan setting awal.

Dilansir dari Engadget (3/3), drone FPV ini memiliki beberapa mode penerbangan berbasis keterampilan. Mode normal membuat FPV bekerja dengan cara yang mirip drone DJI lainnya. Mode ini menggunakan GPS dan sistem pemosisian visual untuk membantunya melayang di tempat, dan memiliki sensor deteksi rintangan di bagian depan. Fungsi ini secara otomatis akan memperlambat FPV saat mendekati objek.

Pilot drone yang sudah terampil dapat menonaktifkan fitur dan sensor melayang sepenuhnya ke mode Manual. Sementara itu, mode Sport ada di antara keduanya, menawarkan lebih banyak kebebasan bergerak dibandingkan dengan mode Normal, dan lebih banyak fitur keselamatan daripada Manual.

Kecepatan maksimalnya adalah 140 km/jam, bukan 150 km/jam seperti bocorannya. Artinya, drone ini jauh lebih lambat daripada kebanyakan drone FPV yang terbang dengan kecepatan lebih dari 190 km/jam. Meski demikian, akselerasi FPV DJI tetap dapat diandalkan. Sebab, mampu melaju dari 0-100 km/jam dalam 2 detik. Baterainya tahan hingga penerbangan 20 menit.

FPV memiliki kamera yang dapat merekam video 4K pada kecepatan 60 fps. Ini menggunakan stabilisasi RockSteady GoPro dan memiliki bidang pandang 150 derajat. Ada juga opsi gerak lambat, 120 fps dengan resolusi 1080p. Kamera ini dapat menyimpan rekaman menggunakan H.265 atau H.264.

Sedangkan untuk kacamatanya, DJI menjanjikan koneksi sinyal minim latensi yang stabil dalam jarak jauh untuk melihat rekaman secara real-time hingga 10 km. DJI mengatakan FPV mentransmisikan video dengan bitrate 50 Mbps dan ada beberapa opsi tampilan untuk kacamata tersebut. Mode latensi rendah (sekitar 40 ms) memungkinkan pengguna melihat rekaman langsung 120 fps pada resolusi 810p dengan bidang pandang 142 derajat atau 50 fps dengan bidang pandang 150 derajat.

Mode Smooth mendukung frame rate tinggi tetapi akan meningkatkan latensi. Ada juga mode Audiens, yang memungkinkan menghubungkan hingga delapan kacamata untuk memungkinkan sekelompok orang berbagi pandangan pilot.

Untuk harga, paket standar drone DJI FPV, kontroler, FPV Goggles v2 dan baterai dihargai USD1.299 (Rp18,6 juta). Paket tambahan Fly More yang mencakup dua baterai dan hub pengisian daya khusus, dihargai dengan USD299 (Rp4,3 juta). Sedangkan untuk kontroler geraknya dihargai USD199 (Rp2,8 juta).

Tag
Share
×
tekid
back to top