sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 08 Feb 2021 10:48 WIB

Diskusi Hyundai dan Apple terkait mobil otonom berakhir

Hyundai mengonfirmasi pembicaraan kemitraan dengan Apple terkait pembuatan mobil otonom Apple Car berakhir.

Diskusi Hyundai dan Apple terkait mobil otonom berakhir

Apple diketahui sedang mengembangkan kendaraan otonom yang diberi nama Apple Car. Dalam pengembangan ini, perusahaan dikabarkan berdiskusi dengan beberapa perusahaan mobil, salah satunya Hyundai. Pabrikan mobil asal Korea Selatan tersebut sebelum mengonfirmasi sedang membicarakan kolaborasi yang kemungkinan akan diberikan kepada Kia di Georgia, salah satu anak perusahaan Hyundai. Sayangnya, pembicaraan ini dilaporkan telah berakhir.

Berdasarkan laporan dari Bloomberg (8/2), pihak Hyundai telah mengonfirmasi, mereka tidak lagi berdiskusi dengan Apple tentang kemungkinan kemitraan. Meskipun tidak menyertakan alasan, ada anggapan pengumuman perusahaan yang terlalu dini tidak diterima Apple.

"Kami tidak melakukan pembicaraan dengan Apple tentang pengembangan kendaraan otonom," kata Hyundai dan Kia.

Untuk diketahui, Hyundai bukan satu-satunya perusahaan yang sedang dalam pembicaraan dengan Apple. Terdapat enam produsen mobil Jepang lainnya yang juga dikabarkan sedang berdisukusi. Namun, hanya Hyundai yang secara publik mengonfirmasi laporan media tentang rencana kerjasama tersebut. Selain pengumuman yang terlalu dini, ada juga laporan yang menunjukkan, tidak semua eksekutif Hyundai setuju dengan ide kolaborasi ini.

Meski begitu, bukan berarti rencana Apple Car akan tertunda. Masih ada beberapa pabrikan cadangan yang berpotensi, seperti enam perusahaan yang sebelumnya disinggung.

Di samping itu, Hyundai melaporkan saham perusahaan turun sebanyak 8,4% di Seoul, sementara Kia merosot 15,3%. Hal ini merupakan penurunan yang signifikan. Pada 8 Januari lalu, saham perusahaan naik hampir 20%. Saat itu, berita terkait kerjasama dengan Apple sedang panas-panasnya dan investor tampaknya tertarik dengan kabar tersebut. Sayangnya, perusahaan asal Cupertino itu telah mengakhiri diskusi dengan Hyundai maupun Kia.

Share
×
tekid
back to top