sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 28 Jun 2021 12:02 WIB

DirectStorage tak akan hadir di Windows 10

Salah satu fitur untuk gamer di Windows 11, DirectStorage, tidak akan hadir di Windows 10. Padahal, fitur ini akan meningkatkan waktu muat sebuah gim.

DirectStorage tak akan hadir di Windows 10

Microsoft telah meluncurkan banyak fitur di sistem operasi terbaru Windows 11. Namun, ada satu fitur yang menarik perhatian banyak gamer, karena di sistem operasi ini terdapat sebuah fitur untuk meningkatkan performa gaming.

Fitur itu disebut sebagai DirectStorage. Fitur ini akan meningkatkan performa gaming, terutama dalam memuat gim secara keseluruhan. Hal ini akan memangkas waktu tunggu para gamer saat memuat gim.

Seperti diketahui, fitur ini pertama kali diumumkan sebagai bagian dari konsol Xbox Series X|S. Microsoft berhasil membuat sebuah API dimana menyederhanakan panggilan I/O untuk aset 3D antara SSD dan GPU.

DirectStorage tidak hanya lebih cepat memuat gim, namun juga memberikan perbaikan unsur teknis lain seperti jarak imbang dan berbagai tekstur. API ini juga memungkinkan gim untuk memperkenalkan aset secara instan, memungkinkan pengembang untuk menghindari trik yang telah mereka gunakan selama beberapa dekade untuk menyembunyikan waktu pemuatan dalam kreasi mereka.

Sayangnya, Engadget (28/6) melaporkan para gamer tidak akan mendapatkan fitur ini di Windows 10. Sebab, akan ada beberapa persyaratan untuk menjalankan API ini yang tidak dimiliki di Windows 10.

Ada beberapa hal lain yang diperlukan untuk menjalankan teknologi ini. DirectStorage disebutkan memerlukan SSD NVMe dengan penyimpanan setidaknya 1TB. Selain itu, GPU yang digunakan wajib mendukung DirectX 12 dengan dukungan Shader Model 6.0.

Artinya, pengguna tidak memerlukan kartu grafis terbaru untuk memanfaatkan DirectStorage. Ini merupakan kabar baik mengingat betapa sulitnya membeli GPU seri RTX 30 dan RDNA 2 selama setahun terakhir. 

Selain itu, API ini juga akan berjalan pada SSD M.2 NVMe baik yang berjalan di PCIe 4.0 dan PCIe 3.0. 

Share
×
tekid
back to top