sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Rabu, 19 Okt 2022 08:45 WIB

Digitalisasi jadi solusi hadapi inflasi

Masyarakat harus mempersiapkan ketahanan finansial yang kuat dalam menghadapi inflasi yang tak terhindarkan, dengan cara digitalisasi.

Digitalisasi jadi solusi hadapi inflasi

Belakangan ini, Indonesia sedang digemparkan kabar resesi ekonomi yang katanya akan terjadi awal 2023 mendatang. Di sisi lain, pengguna solusi digital dilaporkan semakin bertumbuh, sehingga masyarakat harus mempersiapkan ketahanan finansial yang kuat dalam menghadapi inflasi yang tak terhindarkan ini.

Menurut CEO dan Financial Trainer Lead QM Financial Ligwina Hananto, ketahanan finansial tidak ditentukan dengan banyak uang yang kita miliki, melainkan seberapa sehat dan kuat keuangan kita. Untuk itu, penting bagi masyarakat untuk memahami literasi keuangan di era digital ini. 

Salah satu solusi memiliki keuangan yang inklusif adalah dengan melakukan digitalisasi, khususnya bagi pelaku UMKM. Sebab, platform-platform keuangan digital kini menawarkan fitur yang memudahkan pengguna memantau pengeluaran maupun pemasukan kita.

“Pengelolaan dan kondisi keuangan yang baik dibutuhkan masyarakat untuk menghadapi kondisi ekonomi dan inflasi ke depan. Terlebih saat ini berbagai platform keuangan digital dapat memudahkan kita dalam mengelola keuangan," ujar Ligwina.

Sejalan dengan itu, GoTo Financial berkolaborasi dengan OJK dalam menghadirkan program literasi keuangan FinanSiap. FinanSiap menghadirkan kelas edukasi untuk pengaturan keuangan personal dan keluarga, investasi, hingga pengelolaan keuangan untuk UMKM.

Budi Gandasoebrata, Group Head Compliance GoTo Financial menjelaskan, “Di tengah lanskap teknologi digital yang terus berkembang, tantangan dalam menciptakan transaksi yang aman apabila tidak diikuti dengan literasi keuangan yang mumpuni. FinanSiap hadir sejak 2021 untuk mendukung misi GoTo Financial dalam membuka akses dan peluang untuk keuangan yang inklusif, melalui program edukasi yang relevan dan terkini untuk UMKM, dan masyarakat umum. Melalui FinanSiap, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan dengan lebih optimal dan aman.”

Peserta FinanSiap diharapkan dapat mengaplikasikan langsung pembelajaran ke kehidupan sehari-hari, melalui fitur dan layanan yang dimiliki ekosistem GoTo Financial. Solusi tersebut antara lain adalah fitur GoPay Diary dan GoTagihan yang membantu pengaturan pengeluaran dan perencanaan keuangan, serta GoSure dan GoInvestasi.

Bagi pelaku UMKM, dapat memanfaatkan GoKasir, Selly, GoModal, Midtrans, dan Moka yang memudahkan administrasi bisnis sekaligus membuka akses ke pasar yang lebih luas.

Share
×
tekid
back to top