Developer aplikasi iOS raup pendapatan lebih besar dari Android

Sensor Tower mengungkapkan bahwa developer aplikasi di platform iOS mendapatkan penghasilan lebih besar dari Android.

Developer aplikasi iOS raup pendapatan lebih besar dari Android Source: Unsplash

Baru-baru ini terdapat laporan bahwa pendapatan yang dihasilkan oleh developer aplikasi menunjukkan perbedaan besar antara platform iOS dan Android. Dilansir dari GSM Arena (20/6), menurut penelitian Sensor Tower bahwa terdapat 100 developer aplikasi teratas di platform iOS memiliki pendapatan rata-rata 64 persen lebih banyak dari platform Android pada Q1 2019.

Ini adalah gambar dari hasil penelitian Sensor Tower


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Booking.com prediksi tren travel tahun 2020

Rayakan ulang tahun kedua, TikTok bagikan fakta unik

Line hadirkan fitur Line Splitbill dengan teknologi OCR


Source: GSM Arena

Data dari Sensor Tower Store Intelligence mengungkapkan bahwa developer aplikasi iOS dari 100 aplikasi teratas menghasilkan sekitar USD83,8 juta (Rp1,1 triliun), dan developer Android menghasilkan USD51 juta atau setara dengan Rp720 miliar untuk kuartal pertama tahun 2019.

Secara keseluruhan, diklaim kedua platform mengalami peningkatan pendapatan sebesar 12 persen YoY, yang dibandingkan dengan tahun lalu. Pertumbuhan ini juga cukup mengesankan jika dibandingkan dengan pendapatan tahun 2014 silam, di mana kedua platform ini hanya menghasilkan USD34 juta (Rp480 miliar).

Ini adalah gambar dari hasil penelitian Sensor Tower

Source: GSM Arena

Sementara developer gim secara khusus melihat pendapatan yang lebih kecil. Namun developer gim iOS masih mendapatkan 48 persen lebih besar dengan USD70 juta (Rp989 miliar), dibandingkan dengan USD48 juta (Rp678 miliar) untuk Android. Diklaim angka tersebut menjadi kategori penghasilan terbesar sejauh ini, karena semakin meningkatnya popularitas gim mobile.

Ini adalah gambar dari hasil penelitian Sensor Tower

Source: GSM Arena 

Aplikasi non-gaming menunjukkan kesenjangan cukup jauh antara dua platform mobile, dengan perbedaan 232 persen antara 100 aplikasi teratas. Diklaim pengguna iOS menghabiskan sekitar USD23,3 juta (Rp329 miliar), sedangkan pengguna Android hanya memperoleh USD7 juta (Rp98 miliar).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: