sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Minggu, 27 Feb 2022 16:00 WIB

Beda desain OPPO Reno7 5G & Reno7 Z 5G, suka yang mana?

OPPO menawarkan perangkat Reno7 Series dengan desain serta fitur yang berbeda-beda. Ada yang bergaya elegan dan retro, kalian suka yang mana?

Beda desain OPPO Reno7 5G & Reno7 Z 5G, suka yang mana?

OPPO Reno7 Series sebentar lagi resmi diluncurkan. Beberapa informasi terkait perangkat tersebut sudah OPPO bagikan sejak awal bulan Februari. Mulai dari desain, fitur-fitur baru dan kemampuan kameranya. OPPO juga memastikan akan meluncurkan 3 varian Reno7 awal Maret mendatang, tepatnya tanggal 2 Maret 2022.

Pada kesempatan ini, saya ingin membahas lebih detail mengenai desain dari dua perangkat yang sudah Tek.id terima dari OPPO Indonesia, yakni Reno7 5G dan Reno7 Z 5G. Dimana ada perbedaan yang cukup menarik dari kedua seri ini. Inilah perbedaan desain dari kedua seri tersebut.

Desain: Kekinian vs Retro

OPPO Reno7 5G hadir menggunakan DNA seri Reno sebelumnya, bezel tipis, single punch-hole dan pinggiran melengkung. Desain ini lebih menggambarkan gambaran perangkat masa kini atau kekinian

Desain melengkung yang kembali diaplikasikan pada tepian Reno7 5G dirancang untuk memberikan rasa nyaman bagi pengguna saat menggenggam dan mengoperasikannya dengan satu tangan. Desain melengkung pada sisi-sisinya ini juga membuat Reno7 5G tampak lebih ramping. 

Dari bobot, perangkat ini masih mempertahankan bobot seperti seri Reno sebelumnya, yakni 173 gram dengan ketebalan di sekitar 7,81mm. Menurut saya, bobot ini tergolong ringan dan membuat pengalaman penggunaannya lebih nyaman. Bahkan ketika digunakan menggunakan satu tangan.

Sama seperti tradisi OPPO sebelumnya, perangkat Reno baru selalu membawa inovasi pada bagian penampang belakangnya atau juga sering disebut back cover. 

OPPO Reno7 5G mengenalkan finishing OPPO Glow. OPPO Glow merupakan pengembangan inovasi dari teknologi lapisan penampang belakang. 

Pada OPPO Glow, OPPO menggunakan proses laser engraving atau LDI (Laser Direct Imaging) untuk memberikan kontur pada permukaan layaknya jejak bintang yang unik,dan terlihat cantik dengan variasi warna yang berubah-ubah jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Untuk varian yang kami terima ini, varian warnanya adalah Startrails Blue.

Hal ini pula yang membuat tampilan penampang belakang OPPO Reno7 5G tampak seperti memiliki goresan-goresan diagonal dari ujung kiri ke kanan bawah. Selain itu, ada efek kilauan-kilauan seperti glitter. Teksturnya tidak licin dan agak kesat. OPPO Reno7 5G menggunakan frame dengan polesan metalik. Terlihat mewah. Tombol daya ada di sisi kanan dengan akses garis hijau, sementara tombol volume dan slot sim tray diletakkan di sisi kiri.

Lain halnya dengan OPPO Reno7 Z 5G. Jika Reno7 5G hadir dengan desain kekinian dengan pinggiran melengkung, Reno7 Z 5G lebih menampilkan desain retro dengan pinggiran yang rata, sehingga terkesan kotak dengan sudut yang tetap membulat.

Meski terlihat lebih kaku, namun Reno7 Z 5G juga memiliki bobot yang sama, yakni 173 gram. Hal yang cukup menarik dari varian ini adalah ketebalannya yang justru lebih tipis, yakni 7,55 mm. Ini membuat seri ini juga menawarkan pengalaman pakai yang nyaman. Perangkat tetap terasa tipis dan ringan. Juga menawarkan grip yang lebih besar dari varian Reno7 5G dengan pinggiran melengkung.

Untuk varian yang Tek.id terima ini varian warnanya disebut Rainbow Spectrum. Proses finishingnya juga berbeda. Jika Reno7 5G menggunakan  OPPO Glow, Reno7 Z 5G menggunakan 3 lapisan tekstur dengan dua lapisan coating.
Sekilas tampilannya tampak mirip dengan efek kilauan-kilauan. Namun, pada Reno7 Z 5G tidak ada lagi goresan diagonal seperti yang ditampilkan Reno7 5G. Dari segi warnanya, Reno7 Z 5G tampak lebih bermain dengan warna-warna pink, hijau, ungu, dan kuning. Selain itu Efek kilauannya jauh lebih terlihat jika dibanding dengan Reno7 5G.

Sementara tepian pada Reno7 Z 5G menggunakan finishing dengan aksen warna yang sama dengan penampang belakangnya. Untungnya pinggirannya tidak terasa licin. Sehingga kalian tidak perlu khawatir ponsel ini akan mudah terpeleset. Namun, bagi pengguna yang tangannya mudah berkeringat, disarankan untuk selalu menggunakan soft case yang disediakan dalam paket penjualan.

Posisi tombol-tombol bisa dikatakan sama persis, hanya saja ada perbedaan desain dan ukuran. OPPO Reno7 Z 5G juga menggunakan desain single punch-hole, bezel tipis, dan bentang layar yang sama, yakni 6,4 inci AMOLED FHD+.

 

Kamera (housing): Elegan vs Eksentrik

Hal selanjutnya yang menarik untuk dibahas adalah kamera yang diusung dari semua varian Reno7 Series, yang hadir dengan desain yang berbeda-beda. 

Selain desainnya, OPPO Reno7 Series memiliki konfirgurasi jumlah kamera yang berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya. Dimana seri Reno umumnya menggunakan konfigurasi 4 kamera utama, sementara Reno7 Series hadir dengan konfigurasi 3 kamera saja.

Namun, pembahasan kali lebih mengarah pada perbedaan desain dari kedua varian Reno7 yang Tek.id terima, yaitu Reno7 5G dan Reno7 Z 5G.

OPPO Reno7 5G hadir dengan desain housing kamera seperti seri Reno pendahulu. Housingnya berbentuk kotak, dengan aksen warna yang sama dengan warna penampang belakangnnya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Reno7 5G hanya menggunakan 3 kamera utama. Ubahan desain yang cukup besar ada pada dua kamera utamanya, dimana kedua kamera tersebut ditanamkan pada frame berbentuk lingkaran yang cukup besar, dan dilapisi finishing metalik. 

Kedua kamera tersebut disusun secara vertikal, dimana kamera ketiga dan LED diletakkan di samping kamera utamanya. Sementara disamping kamera kedua terdapat tulisan 64 MP AI Camera. Hal ini mengisyaratkan bahwa ponsel ini dapat mengambil foto dengan ukuran 64 MP dan memiliki dukungan AI. 

Berbeda dengan OPPO Reno7 Z 5G. Jika pada Reno7 5G menggunakan housing tempat berkumpulnya kamera, Reno7 Z 5G menampilkan visual yang berbeda dengan finishing metalik. Kameranya langsung terlihat menyatu dengan penampang belakang dari ponsel tersebut.

Seri ini juga menggunakan frame berbentuk lingkaran tempat ditanamkan dua kamera utama dari Reno7 Z 5G. Jika diperhatikan, ukuran frame lingkaran kameranya tampak sedikit lebih besar dari varian Reno7 5G. Posisi kameranya pun berbeda, dimana kamera ketiga dan LED diletakkan di samping kiri dan kanan dari kedua frame lingkaran yang dipoles warna metalik tersebut. Dan di paling paling bawah ada tulisan AI Portrait Camera.

Desain kamera dengan frame besar seperti ini memang tengah ramai. Selain tampak lebih menonjol, desain kamera seperti ini seakan menekankan bahwa ponsel tersebut memiliki kemampuan fotografi yang sangat baik.

Belum selesai sampai disitu. OPPO punya cara unik untuk membuat varian Reno7 Series ini berbeda satu sama lainnya. Khususnya pada varian Reno7 Z 5G ini, frame lingkaran dua kameranya dilengkapi dengan LED notifikasi atau OPPO menyebutnya Dual Orbit Light. Ini membuat kedua frame lingkaran tersebut dapat memancarkan sinar biru yang sangat keren ketika menerima notifikasi, menerima panggilan, mengisi daya, dan beberapa kondisi lainnya.

Itu tadi perbedaan desain dari dua varian Reno7 yang Tek.id terima. OPPO memang menghadirkan Reno7 Series dengan desain dan fitur yang berbeda-beda. Menurut OPPO, masing-masing varian Reno7 memiliki target yang berbeda-beda. Namun secara garis besar, target utamanya adalah pengguna yang hobi mobile fotografi, cukup memerhatikan fashion, dan pengguna muda yang aktif.

Nantikan review lengkapnya di Tek.id dan jangan lewatkan peluncuran resminya yang akan diadakan secara daring di seluruh media sosial OPPO Indonesia pada tanggal 2 Maret nanti.

 

 

Share
×
tekid
back to top