sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Sabtu, 05 Jun 2021 09:32 WIB

Deretan fitur penting Gmail yang jarang diketahui

Gmail memiliki fitur yang dapat membatalkan pesan yang sudah terkirim seperti layaknya unsend message pada aplikasi pesan instan.

Deretan fitur penting Gmail yang jarang diketahui
Source: Pexels

Gmail merupakan layanan pesan elektrik yang paling banyak dikenal di dunia. Pengguna pasti sudah akrab dengan fungsi dasar seperti mengirim laporan penting atau berbagi foto. Namun, ada beberapa fitur tersembunyi yang sebenarnya penting dan tidak banyak diketahui orang.

Tahukah Anda kalau Gmail bisa mengirim email yang dapat menghilang atau menghapus kembali email yang sudah terkirim? Yap kemampuan ini benar ada di Gmail, bersama dengan fitur-fitur tersembunyi lainnya.

Berikut Tek.id bagikan 4 fitur penting di Gmail yang jarang diketahui.

1. Kirim email yang dapat menghilang

Instagram memiliki fitur berbagi yang dapat menghilang setelah 24 jam, yaitu Instagram Stories. Kemampuan ini juga ternyata ada di Gmail. Anda bisa menetapkan batas waktu pesan tersebut tersedia di penerima, hingga menghilang. Fitur ini disebut Confidential Mode.

Untuk menggunakan Confidential Mode di Gmail, tekan tombol kunci dan jam ketika jendela penulisan terbuka. Kemudian, akan muncul opsi berapa lama pesan akan bertahan sebelum kadaluarsa.

Siapapun yang menerima email, tidak akan dapat meneruskan, menyalin, atau mengunduh dokumen yang ada di email setelah melewati batas waktu yang ditentukan. Ini adalah fitur penting bagi mereka yang memiliki konten sensitif.

2. Hapus email secara otomatis

Trik satu ini dapat mempercepat proses penghapusan email di Gmail. Ini dapat berguna bagi Anda jika memiliki banyak pesan di kotak masuk agar menjadi kosong kembali. Untuk menggunakanya, Anda dapat mengaktifkan fitur Auto-advance. Dengan demikian, Gmail tidak akan membawa Anda kembali ke kotak masuk setiap kali menghapus satu email. Ini juga menghemat beberapa klik.

Untuk mengaktifkan Auto-advance, masuk ke pengaturan Gmail dan pilih See All Settings. Di bawah tab General, klik Advanced. Dari sana, Anda akan melihat kotak Auto-advance dan aktifkan fitur tersebut.

3. Agendakan email

Ada saatnya Anda mungkin ingin mengagendakan email untuk beberapa alasan. Mungkin karena kesibukan atau ingin pergi berlibur, jadi Anda harus menjadwalkan email yang harus dikirim beberapa hari ke depan. Untungnya, Anda dapat mengirim pesan yang dijadwalkan melalui Schedule Send.

Pilihan ini tersedia di panah bawah sebelah tombol kirim pesan. Ini akan memungkinkan Anda memilih waktu tertentu untuk mengirim email.

4. Batalkan pengiriman email

Salah ketik atau salah penyebutan nama biasanya baru disadari setelah email sudah terkirim. Tapi ini menjadi kendala karena beberapa pengguna mengira tidak dapat membatalkan pesan yang sudah terkirim itu. Padahal, sama seperti di Outlook, Google juga memberi pengguna waktu singkat untuk membatalkan pengiriman pesan.

Namun, perlu dicatat waktu yang Anda miliki hanya sekian detik. Caranya, dengan membuka pesan yang sudah terkirim, lalu menekan opsi Undo. Jika Anda tidak cepat, maka pesan akan tetap masuk dan tidak bisa dibatalkan.

Share
×
tekid
back to top