sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
Rabu, 15 Sep 2021 08:39 WIB

Deretan fitur baru WatchOS 8, bisa diunduh 20 September

WatchOS 8 hadir dengan peningkatan fitur layar serta mode workout baru, dan dapat diunduh bagi pengguna Watch Series 3 hingga Series 7 yang terbaru.

Deretan fitur baru WatchOS 8, bisa diunduh 20 September
Source: Apple

Apple meluncurkan Watch Series 7 sekaligus dengan sistem operasi terbaru, yakni WatchOS 8. Smartwatch tersebut akan menjalankan WatchOS 8, yang mulai bisa diunduh pada 20 September mendatang. Perusahaan mengatakan, WatchOS ini bisa juga digunakan untuk Apple Watch lainnya, mulai dari Series 3.

WatchOS 8 akan hadir dengan beberapa peningkatan, di antaranya tambahan mode workout, deteksi jatuh ketika bersepeda, dan lebih banyak lagi fitur terkait durabilitas layar. Dengan layar yang lebih besar, kini fitur pesan juga mendapatkan peningkatan serta foto potret dinamis yang dapat ditampilkan. 

Lebih lanjut, berikut daftar fitur baru yang hadir di WatchOS 8.

  • Tampilan foto potret

Pengguna bisa menggunakan foto potret yang diambil dari iPhone sebagai wallpaper Apple Watch. Namun alih-alih menampilkan gambar statis, smartwatch kini menggunakan data segmentasi dari foto untuk memisahkan latar depan dari latar belakang. Singkatnya, tampilan waktu atau informasi lain yang ada di layar dapat muncul di belakang kepala subjek, seperti foto di bawah ini dari Cnet(15/9).

Aplikasi Photos sendiri kini memiliki beberapa alat baru, seperti menampilkan kenangan atau foto unggulan, sehingga konten baru dapat disinkronkan dengan Watch tiap hari. Ditambah, pengguna kini bisa berbagi foto langsung dari Apple Watch melalui Message atau aplikasi Mail.

  • Kontrol gerakan tangan dengan AssistiveTouch

Ini merupakan fitur fleksibilitas yang Apple umumkan pada Mei lalu bersama dengan fitur aksesibilitas lainnya untuk iPhone dan iPad. Fitur ini memungkinkan pengguna mengontrol Apple Watch dengan satu tangan, tanpa harus menyentuh layar, seperti mencubit atau mengepalkan tangan.

Apple Watch akan mendeteksi gerakan tersebut, untuk memerintah perangkat melakukan sesuatu. Dikutip dari Cnet (14/9), pengguna dapat menjentikkan ibu jari dan telunjuk untuk menavigasi menu, mencubit dua kali untuk bergerak mundur, dan mengepal untuk memilih sesuatu di layar.

  • Fitur pesan

Ketika mengirim pesan, kini pengguna dapat menggunakan scribble tool, emoji, atau opsi dikte dalam satu layar yang sama. Ditambah, Digital Crown dapat mengoreksi kesalahan transkripsi ketika menggunakan fitur dikte. Sama seperti iPhone, pengguna juga dapat mengirim GIF dengan memilih ikon kaca pembesar dan memilih deretan GIF yang ada dalam daftar.

  • Aplikasi baru

Aplikasi Contacts sekarang tersedia di WatchOS 8, sehingga pengguna dapat mengedit, menambah, dan menelusuri kontak tanpa harus mengeluarkan ponsel. Apple juga membagi aplikasi Find My menjadi dua aplikasi baru, yaitu Find Items dan Find Devices. Keduanya berfungsi sebagai pelacak, seperti membunyikan AirTag atau menemukan perangkat yang masuk dengan akun Apple yang sama pada Watch.

  • Fleksibilitas baru bagi pesepeda

Pengendara sepeda mendapatkan fleksibilitas baru dengan mengunduh WatchOS 8. Kini perangkat dapat mendeteksi latihan otomatis untuk bersepeda, ditambah opsi jeda dan lanjutkan secara otomatis. Mode bersepeda juga memiliki deteksi jatuh, di mana Watch akan menghubungi layanan darurat dan memberitahu kontak darurat ketika pengguna mengalami kecelakaan selama mengendarai sepeda.

  • Opsi workout baru: Pilates dan Tai Chi

WatchOS 8 juga menghadirkan dua jenis workout baru yang dapat di-track, yaitu Pilates dan Tai Chi. Keduanya menggunakan algoritma detak jantung dan gerakan yang disesuaikan untuk menentukan upaya pengguna dengan lebih baik. Fitness Plus Apple juga kini mendapatkan mode picture-in-picture.

Apple juga memindahkan aplikasi Breathe ke aplikasi Mindfulness baru. Selain animasi untuk membantu memandu pernapasan, ada juga fitur Reflect yang memberikan petunjuk untuk membantu memfokuskan pikiran pengguna.

Pelacak tidur juga menambahkan laju pernapasan ke metrik tidur yang ada seperti detak jantung dan waktu tidur. Pengguna dapat melihat tren dari waktu ke waktu melalui aplikasi Health di iPhone.

Share
×
tekid
back to top