sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Selasa, 14 Mar 2023 18:59 WIB

Demi ego Tim Cook, peluncuran headset VR Apple bakal dipercepat

Sempat diisukan tertunda, headset VR Apple dikabarkan akan diluncurkan sesegera mungkin. Namun, hal itu dianggap terlalu berisiko

Demi ego Tim Cook, peluncuran headset VR Apple bakal dipercepat

Selama beberapa tahun terakhir ini, Apple dikabarkan sedang mengembangkan headset mixed reality milik mereka. Namun, peluncurannya diprediksi keterlambatan karena Apple menghadapi beberapa kendala dalam proses pengembangannya, termasuk saat pengujian komponen mekanis dan ketersediaan tool pengembangan perangkat lunaknya.

Seakan membantah prediksi tersebut, baru-baru ini muncul kabar bahwa peluncuran headset VR Apple tersebut justru akan dipercepat. Dikutip dari Digital Trends (14/3), CEO Apple Tim Cook mendorong agar peluncuran headset mixed reality tersebut dilakukan sesegera mungkin.
Keputusan egois dari Cook mengundang problem secara internal, salah satunya timbul keberatan dari tim desain perusahaan. Mantan insinyur dalam

proyek tersebut menjelaskan bahwa ada tekanan dari pihak Apple untuk segera meluncurkan headset Reality Pro setelah bertahun-tahun tertunda. Hal itu justru menimbulkan perpecahan antara tim desain dengan tim operasi Apple.

Tim operasi ingin meluncurkan headset versi satu yang menyerupai satu set kacamata ski dan memungkinkan penggunanya untuk menonton video 3D yang imersif, melakukan workout yang interaktif, dan mengobrol dengan avatar realistis melalui FaceTime yang diperbarui.

Namun, hal tersebut tidak sesuai dengan rencana tim desain. Mereka ingin Apple lebih sabar menunggu hingga teknologinya cukup matang untuk merilis produk tersebut. Sayangnya, keinginan mereka ditolak oleh Cook yang berpihak pada Chief Operating Officer Jeff Williams dan tim operasi.

Keputusan untuk segera merilis headset VR tersebut sebenarnya bukan tanpa resiko. Teknologi dan desain yang belum sepenuhnya selesai ini mungkin akan membuat penggunanya mendapatkan pengalaman yang kurang maksimal.

Selain itu, dengan harga yang cukup mahal membuat Apple diprediksi hanya akan mampu menjual satu juta unit di tahun pertama. Bahkan, pakar industri display Ross Young menganggap angka tersebut mungkin terlalu tinggi karena pemasok OLED mikro Apple tidak dapat menghasilkan sebanyak itu dalam setahun.

Dengan adanya perpecahan antara tim operasi dan tim desain dari Apple tersebut, peluncuran headset VR ini dianggap terlalu berisiko. Meski begitu, pengumuman resminya akan disampaikan Tim Cook pada Apple’s Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juni mendatang.

Share
×
tekid
back to top