Dalam 4 bulan, Epic Games Store berhasil tembus 85 juta pengguna

Jika dibandingkan dengan publisher gim digital lain, ini merupakan sebuah prestasi yang patut mendapatkan apresiasi.

Dalam 4 bulan, Epic Games Store berhasil tembus 85 juta pengguna Epic Games Store

Epic Games kembali hadir dalam pagelaran Game Developers Conference (GDC). Kal ini, mereka tidak hanya hadir sebagai perwakilan dari gim terpopuler mereka, Fortnite. Di ajang ini Epic games juga membawa diri sebagai publisher gim.

Dalam pemaparannya, perwakilan Epic Games menyebutkan bahwa mereka telah memiliki total 85 juta pengguna dalam waktu kurang dari empat bulan. Tentu saja, hal ini menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi mereka.


BACA JUGA

Harry Potter: Wizards Unite bakal menghadirkan naga dalam gim

Ayo dukung Pevita Pearce di PUBG mobile!

Satu lagi pendiri Blizzard yang hengkang


Sebagai contoh Sony melaporkan, mereka baru bisa menjual lebih dari 90 juta konsol PlayStation 4 antara November 2013 dan Januari 2019. Kini, mereka sudah memiliki 90 juta pengguna bulanan di platform PlayStation Network.

Steam di sisi lain yang merupakan platform paling populer untuk permainan PC, saat ini memiliki 90 juta pengguna bulanan dan 47 juta pengguna aktif setiap hari. Jadi, pencapaian ini patut diapresiasi.

Business Insider (21/3) melaporkan, pertumbuhan cepat dari Epic Games Store tentunya terkait dengan Fortnite. Ya, gim gratis ini yang paling banyak mengundang gamer untuk menggunakan platform mereka.

Sejak meluncur pada Juli 2017, gim ini sudah mengumpulkan hampir 250 juta pemain aktif di PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, PC, iPhone, dan Android. Ya, ini adalah angka yang sangat mengagumkan untuk gim gratisan.

Oh iya, berbicara mengenai publikasi gim, Epic Games Store diluncurkan pada Desember 2018 dengan sejumlah koleksi kecil gim. Tapi, mereka berhasil mengamankan beberapa gim eksklusif dari beberapa pengembang besar, salah satunya adalah Ubisoft.

Hal ini memberikan gamer pilihan untuk membeli gim. Apa lagi, mereka juga memberikan salinan gratis gim indie populer kepada mereka yang sudah mendaftar di platform tersebut. Pengguna Epic Games Store juga akan mendapatkan gim gratis baru setiap dua minggu.

Di sisi pengembang, Epic Games Store menawarkan pembagian pendapatan yang lebih menguntungkan untuk pembelian game. Steam, Apple App Store, dan Google Play Store membebankan biaya 30 persen untuk pembelian satu kali dari toko digital mereka.

Epic Games Store di sisi lain hanya meminta 12 persen saja dari penjualan. Bahkan, bagi para pengembang gim yang menggunakan Game Engine Unreal Engine, mereka juga akan mengurangi pembagian sebesar 5 persen.

Jadi, apakah Epic Games Store akan menjadi pilihan para pengguna di masa depan? Tentu hal ini belum pasti. Apa lagi, beberapa distributor gim digital lain bisa saja memiliki strategi yang lebih pintar ke depannya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: