sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 15 Sep 2022 17:11 WIB

OPPO Reno8 Series akan dibekali ColorOS 13, ini daftar fiturnya

ColorOS 13 menawarkan fitur-fitur privasi data dan keamanan informasi yang diklaim melebihi standar industri.

OPPO Reno8 Series akan dibekali ColorOS 13, ini daftar fiturnya

Sejalan dengan diluncurkannya Android 13, OPPO juga mengembangkan sistem operasi baru berbasis perangkat lunak tersebut, yakni ColorOS 13. Ini akan lebih dulu dihadirkan pada jajaran seri Reno8 dalam versi beta dimulai dengan Reno8 Pro 5G bulan ini.

Dalam rangkaian acara Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G, Kamis (15/9), PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto A. mengungkapkan beberapa fitur keamanan yang akan hadir dalam sistem operasi baru ini. Fitur-fitur ini menawarkan privasi data dan keamanan informasi yang diklaim melebihi standar industri. Berikut daftar fiturnya.

Kata sandi sebelum matikan ponsel

Dalam mencegah orang lain mematikan ponsel Anda untuk kepentingan tertentu, ColorOS 13 menawarkan fitur keamanan baru. Sebelum dimatikan, ponsel akan meminta pengguna untuk mengisi kata sandi. 

Ketika smartphone dicuri misalnya, oknum tidak dapat menonaktifkan perangkat karena tidak tahu kata sandinya, sehingga pemilik dapat melacak keberadaan ponselnya. 

Sembunyikan aplikasi yang baru dibuka

Pengguna ponsel dapat selalu melihat aplikasi apa saja yang baru dibuka serta aktivitas yang ada di dalamnya, apabila mereka tidak menghapusnya. Namun, ada kalanya aplikasi tersebut berisi informasi penting dan rahasia yang tidak boleh dilihat orang lain, seperti informasi kredensial akun bank dan lainnya.

Dengan fitur baru di ColosOS 13 ini, pengguna dapat menyembunyikan konten yang ada dalam aplikasi yang baru dibuka. Jadi, orang lain yang menggunakan ponsel Anda tidak dapat melihat data rahasia tersebut. Caranya adalah dengan mengklik tombol tiga titik atas pada dan pilih "Hide". Aryo mengatakan, sebanyak 800 aplikasi sudah mendukung fitur ini.

Sembunyikan detail notifikasi

Ketika sedang tidak membuka ponsel, kita biasanya melihat isi pesan masuk lewat detail yang ada dalam notifikasi. Namun, dengan mengaktifkan fitur anti-peeping, pengguna dapat menyembunyikan detail notifikasi, khususnya saat sedang berada di kendaraan umum.

Hal ini bertujuan agar orang lain di sekitar tidak dapat membaca isi notifikasi, melainkan hanya melihat logo aplikasi. Misal, ketika ada pesan masuk di WhatsApp, maka pada notifikasi hanya muncul logo aplikasi pesam tersebut dan isi pesan tidak terlihat.

Proteksi informasi foto

Dalam situasi tertentu, Anda mungkin pernah mengirim foto, video, atau media lainnya kepada orang yang tidak terlalu dekat. Untuk melindungi privasi, fitur di ColorOS 13 dapat menghapus informasi pada foto seperti nama, waktu, dan model ponsel.

Akses kontrol

Beberapa aplikasi akan meminta izin saat mengakses dasbor privasi, lokasi, notifikasi, kamera atau mikrofon pada perangkat. Namun, ada juga yang mengaksesnya tanpa izin dan diam-diam mengambil data dalam ponsel tersebut.

Fitur keamanan ini memberikan kendali penuh kepada pengguna, dalam memilih aplikasi apa saja yang boleh melihat data pada ponsel. Pengguna juga dapat mengetahui ketika aplikasi sedang mengakses kamera atau mikrofon dengan tampilan notifikasi di taskbar.

Perlindungan pembayaran digital

Pembayaran digital menjadi salah satu opsi utama transaksi dewasa ini. Dengan banyaknya aplikasi pembayaran yang tersedia, keamanannya pun harus diperketat. OPPO menawarkan perlindungan pembayaran digital, di mana setiap URL pembayaran akan diperiksa secara otomatis.

Secure Keyboard

Masih terkait pembayaran digital, pengguna tidak perlu khawatir ada yang merekam kredensial ketika membuka akun bank digital atau aplikasi pembayaran di latar belakang, karena keyboard pada perangkat dengan ColorOS 13 sudah dilindungi, dan memastikan transaksi digital aman.

Share
×
tekid
back to top