sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
Sabtu, 20 Jun 2020 21:16 WIB

Daftar fitur DANA yang dukung New Normal di Indonesia

Dompet digital Dana menyiapkan sejumlah teknologi yang dapat membantu masyarakat di Indonesia menyambut New Normal.

Daftar fitur DANA yang dukung New Normal di Indonesia
Source: Tek.id

Dompet digital Dana menyiapkan sejumlah teknologi yang dapat membantu masyarakat di Indonesia menyambut New Normal. Semua teknologi ini dirancang untuk tetap memenuhi kebutuhan masyarakat di saat New Normal dengan mengedepankan aktivitas tanpa sentuh (touchless).

Sebenarnya sejumlah teknologi ini bukan lagi hal baru bagi pengguna Dana karena sudah tersedia sejak pandemi. Namun demikian teknologi ini relevan dengan situasi dan kondisi masyarakat di Indonesia dalam menyambut New Normal. Selain itu, Dana juga terus melakukan pembaruan fitur agar tetap menjaga kenyamanan dan kemudahan pengguna dalam bertransaksi menggunakan aplikasi Dana. Berikut fitur Dana yang mendukung New Normal di Indonesia.

Portal Covid-19

Sebagian masyarakat kerap bertanya update jumlah orang yang terdampak Covid-19. Informasi tersebut tersedia dalam aplikasi Dana melalui portal Covid-19. Dengan fitur ini, masyarakat tidak perlu repot membuka banyak tab di browser untuk mengetahui pembaruan informasi tersebut. Dana menjamin portal Covid-19 selalu di-update sehingga pengguna mendapat informasi yang aktual. Selain itu, dalam aplikasi Dana juga tersedia informasi lainnya seputar Covid-19 yang telah dikurasi oleh tim internal Dana.

Telemedicine

Dana menyediakan layanan telemedicine dalam aplikasinya. Layanan ini tersedia berkat kerja sama Dana dengan YesDok. Melalui layanan telemedicine ini, pengguna Dana dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online termasuk melalui video, sehingga tak mengharuskan mereka berkunjung ke rumah sakit secara langsung. Layanan ini juga memungkinkan pengguna mendapatkan obat-obatan yang diresepkan kapan saja dan dimana saja.

Home Shopping

Layanan ini ditujukan untuk membantu para mitra merchant Dana, khsusunya mitra offline,  agar dapat tetap beroperasi di tengah pandemi, sekaligus melayani kebutuhan para pengguna Dana yang juga merupakan pelanggan mereka. 

Fitur ini menghubungkan pengguna Dana dengan merchant favoritnya melalui layanan pesan instan WhatsApp. Selanjutnya, konsumen dapat langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan Dana QRIS. Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat konsumen.

Saat ini, merchant dan restoran yang bisa memberikan layanan Home Shopping antara lain, Martha Tilaar Shop, Apotek Senopati, Bengawan Solo Coffee, Burgreens, Le Viet, Dailybox, Genki Sushi, Momoiro, Bariuma Ramen, Steak 21, Roti O, Hong Tang, Kibo Cheese Cake, Kyochon, Krispy Kreme, Mister Donut, dan Gokana. Dana sendiri akan terus menambah daftar mitra merchant dalam layanan ini

Dana Bisnis

Dana turut mendukung langkah pemerintah untuk menjaga keberlangsungan perekonomian rakyat, khususnya pedagang kecil, di tengah pandemi Covid-19, dengan ikut serta dalam gerakan #BelanjadiWarungTetangga yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM). Melalui gerakan #BelanjadiWarungTetangga, Dana mengajak masyarakat untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar mereka, sekaligus mendorong masyarakat untuk berbelanja di warung tetangga untuk mendukung perekonomian rakyat. 

Melalui gerakan #BelanjadiWarungTetangga ini, warung-warung akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bantuan tersebut dapat digunakan untuk membeli bahan-bahan pokok dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi mitra pemerintah.  

Dukungan Dana dalam gerakan #BelanjadiWarungTetangga tidak hanya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi ikut membantu warung-warung di sekitarnya, tetapi juga mendorong pedagang kecil untuk masuk dalam platform digital ( go digital) sehingga mereka bisa tetap menjalankan usahanya meski dengan mengurangi mobilitas fisik di tengah pandemi.

Dalam miniprogram Siap Siaga COVID-19, tersemat fitur pendataan warung/UMKM yang dapat diakses oleh pengguna dompet digital Dana untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggal mereka. 

Donasi

Dana berkolaborasi dengan KitaBisa.com dan BenihBaik.com untuk melakukan penggalangan Dana (crowdfunding) bagi gerakan kemanusiaan yang digagas Yayasan Habitat ini. Selain dari aplikasi Dana, pengguna Dana juga bisa berdonasi langsung melalui situs web KitaBisa.com dan BenihBaik.com. Kerja sama ini memungkinkan pengguna untuk berdonasi melalui aplikasi Dana.

Dana Siaga

Inisiatif terbaru dompet digital Dana yang bisa membantu masyarakat beradaptasi di masa New Normal dan ke depan adalah Dana Siaga. Melalui fitur ini, masyarakat berpenghasilan rendah bisa membeli produk asuransi dengan premi yang terjangkau dengan mudah melalui ponselnya.

Dana Siaga menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan produk asuransi dengan premi terjangkau, proses yang simpel, serta klaim yang lebih cepat yang disediakan platform teknologi asuransi PasarPolis. 

Ada dua produk asuransi mikro yang bisa dibeli melalui fitur Dana Siaga. Pertama, asuransi jiwa Term-Life dari Star Investama dengan premi mulai dari Rp8 ribu per bulan hingga Rp40 ribu per 12 bulan dengan biaya pertanggungan hingga Rp10 juta. Kedua, asuransi kesehatan Hospital Cash Plan dari Lippo Insurance dengan premi Rp9.900 per bulan hingga Rp118 ribu per 12 bulan, dengan nilai manfaat rawat inap Rp50 ribu per hari (perawatan tanpa operasi) dan Rp100 ribu per hari (perawatan dengan operasi).

Share
back to top