Cuplikan podcast kini bisa diputar di Google Search

Cara ini akan memangkas waktu yang diperlukan untuk menelusur podcast yang Anda cari melalui Google Search.

Cuplikan podcast kini bisa diputar di Google Search (Foto: Slashgear)

Konten podcast yang ditelusur melalui Google Search kini bisa diputar secara langsung. Dengan begitu pengguna tak hanya bisa mencari konten podcast tertentu, namun sekaligus mendengarkannya dari laman hasil pencarian. Cara ini akan memangkas waktu yang diperlukan untuk menelusur podcast yang Anda cari.

Pengumuman Google tentang podcast sebenarnya terbagi dalam dua fitur. Fitur utama yang paling kentara adalah kemampuan untuk memutar episode podcast dalam hasil pencarian. Dukungan ini bahkan bisa dijalankan baik di Google Search mobile maupun browser. Kemampuan ini akan membantu pengguna yang hanya ingin mendengarkan cuplikan episode podcast, sebelum memutuskan untuk mendengarkan sepenuhnya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Berkat Google Earth orang yang telah hilang 20 tahun ditemukan

Google Play Store akhirnya punya mode gelap

Kini pengguna Google Docs dapat melihat jumlah kata yang sudah diketik


Fitur kedua yaitu tentang hasil pencarian podcast dari Google Search. Secara khusus, Google Search akan menunjukkan hasil pencarian berdasarkan apa yang yang dipahami Google dari konten podcast, bukan hanya berdasarkan deskripsi atau judul episode. Pengguna bahkan disebut tak perlu menambahkan istilah pencarian "podcast" karena Google akan mengetahui hasil yang dimaksud. 

Sayangnya fitur itu justru belum tersedia di Google Podcast sendiri. Saat ini fitur itu hanya dirilis di Google Search di web terlebih dahulu sebelum akhirnya diadopsi juga ke Google Assistant dan Podcast Web.

Dilansir Slashgear (9/8), Google menghadirkan fitur ini agar memudahkan podcaster dengan cepat menarik khalayak dan menjanjikan para penerbit agar cepat menarik pengguna ke aplikasi atau situs web pilihan mereka, terutama mereka yang membutuhkan pembelian maupun langganan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: