China sudah punya 802 juta pengguna internet

Kecepatan yang semakin tinggi dan harga yang semakin murah membuat pertumbuhan pengguna internet China semakin melonjak

China sudah punya 802 juta pengguna internet

China telah mencatatkan pertumbuhan pengguna internet yang signifikan. Kini pengguna internet di negeri Tirai Bambu tersebut telah mencapai lebih dari 800 juta. Ini merupakan perolehan pertama kalinya di tahun ini, seiring berbagai bisnis yang kini didukung oleh smartphone

Jumlah total pengguna internet di China tercatat 802 juta, per akhir Juni tahun ini. Menurut laporan Pusat Informasi Jaringan Internet China (CNNIC), pencapaian tersebut meningkat 30 juta selama periode enam bulan. 


BACA JUGA

Kemenkominfo imbau warganet tak sebar konten kekerasan

Jaringan internet Starlink bisa hadir jauh lebih cepat

Jepang segera kehabisan nomor seluler 11 digit, segera pakai 14 digit


Smartphone yang dimiliki 98,3 persen pengguna internet di China, menjadi perangkat paling dominan bagi masyarakat untuk berselancar di internet. Hal ini juga diperoleh berkat optimasi konstruksi infrastruktur internet China dimana jangkauan jaringan dan kecepatan melonjak drastis. 

Terlepas dari penurunan 4,9 persen tahun lalu, China tetap menjadi pasar smartphone terbesar di dunia. Laporan IDC Februari lalu menyebutkan pengiriman smartphone di China mencapai 444,3 juta di tahun 2017.

Namun demikian penetrasi internet masih rendah yaitu sekitar 57,7 persen dibanding populasinya yang mencapai 1,4 miliar. Artinya, sekitar dua dari lima orang di China belum memiliki kesempatan mengakses internet. 

Belanja online dan pembayaran mobile merupakan dua aktivitas berbasis internet yang paling umum dilakukan masyarakat China, dimana keduanya telah diadopsi oleh 71 persen pengguna internet. 

Berdasarkan laporan badan China itu, sekitar satu dari tiga pengguna internet China menggunakan smartphone untuk memesan mobil tau menyewa sepeda. Pengguna juga memakai internet untuk mengelola keuangan mereka, dengan peningkatan adopsi 16,7 persen pada akhir tahun 2017.

Video pendek menjadi salah satu bisnis online yang paling cepat berkembang di Chinapada paruh pertama 2018. Platform video singkat Douyin yaitu Musical.ly versi China dilaporkan memiliki pengguna aktif bulanan mencapai lebih dari 500 juta. Pengguna aktif hariannya diklaim mencapai 150 juta. Demikian dilansir Zdnet

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: