sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Rabu, 26 Apr 2023 13:30 WIB

ChatGPT kini punya opsi privasi untuk keamanan pengguna

Dengan pembaruan ini, pengguna dapat memiliki opsi untuk menghapus data atau membiarkannya menjadi konsumsi model chatbot. 

ChatGPT kini punya opsi privasi untuk keamanan pengguna

OpenAI mengumumkan pengaturan baru untuk ChatGPT yang memungkinkan pengguna menonaktifkan riwayat obrolan mereka. Saat dinonaktifkan, konten yang dibagikan selama sesi obrolan tidak akan digunakan untuk menyempurnakan model. Setelah 30 hari percakapan dipertahankan, sistem OpenAI akan menghapusnya.

Untuk diketahui, keamanan privasi data yang dibagikan ke ChatGPT selama ini dikhawatirkan. Sebab, chatbot tersebut mempelajari srtiap sesi obrolan dengan penggunanya untuk menyempurnakan model. 

Jika sudah terlanjur, satu-satunya cara mencegah data dibagikan dengan chatbot adalah memilih mengisi formulir yang ditautkan di salah satu artikel OpenAI tentang kebijakan privasinya. Namun dengan pembaruan ini, pengguna dapat memiliki opsi untuk menghapus data atau membiarkannya menjadi konsumsi model chatbot. 

Ember

Pengaturan privasi yang diperbarui muncul setelah pelanggaran privasi baru-baru ini dan munculnya masalah etika dan peraturan tentang bagaimana data ChatGPT dilindungi. Dilansit dari Mashable (26/4), pelanggaran tersebut mengekspos data pribadi dan keuangan satu pengguna ke pengguna lain.

Karena alasan ini, Italia melarang ChatGPT atas perlindungan data pengguna yang tidak memadai sesuai dengan undang-undang Regulasi Perlindungan Data Umum (GDPR) Eropa. Sejalan dengan itu, pengaduan diajukan ke Komisi Perdagangan Federal (FTC) karena melanggar undang-undang informasi yang salah. 

Sejak itu, OpenAI menjanjikan komitmennya terhadap keselamatan dan keamanan data pengguna dan "terus meningkatkan tindakan pencegahan keselamatan saat sistem AI kami berkembang."

OpenAI juga mengumumkan pengembangan langganan ChatGPT Business, "untuk para profesional yang membutuhkan kontrol lebih besar atas data mereka serta perusahaan yang ingin mengelola pengguna akhir mereka."

Langganan ChatGPT Business akan termasuk dalam kebijakan penggunaan data API OpenAI yang tidak membagikan konten obrolan dengan modelnya. Ini menjadi jawaban dari kasus sebelumnya di mana karyawan Samsung secara tidak sengaja membagikan kode rahasia dengan chatbot. OpenAI mengatakan langganan bisnis akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Share
×
tekid
back to top