sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
Selasa, 02 Jun 2020 09:30 WIB

Cerita Lei Jun pada perjalanan 10 tahun Xiaomi

CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan selama 9 tahun terakhir bukan waktu yang mudah bagi Xiaomi untuk dapat menjadi perusahaan yang seperti sekarang ini.

Cerita Lei Jun pada perjalanan 10 tahun Xiaomi
Xiaomi

Raksasa manufaktur Tiongkok, Xiaomi akan berusia 10 tahun pada 2020 ini. Mereka mengatakan bahwa untuk mencapai tingkatan mereka saat ini, mereka harus melalui banyak tantangan yang cukup sulit untuk dihadapi.

Saat ini, Xiaomi menjadi salah satu perusahaan besar di dunia, dan sudah masuk kedalam 10 produsen smartphone terbesar di dunia. Baru-baru ini, CEO Xiaomi, Lei Jun berbicara tentang beberapa tantangan yang telah ditaklukkan oleh perusahaan.

“Sudah 9 tahun sejak saya membuat smartphone. Ketika berbicara smartphone milik Xiaomi, hal pertama yang dipikirkan semua orang adalah rasio kinerja terhadap harga yang sangat baik,” kata Lei Jun, seperti dikutip dari laman Gizchina (2/6/2020).

“Namun, Xiaomi juga harus berurusan dengan seringnya kendala kehabisan stok kritis dan masalah ‘panic buying’. Kami akhirnya memahami masalah yang kami hadapi sekarang yang terjadi di masa lalu.”

Menurut Lei Jun, Xiaomi berfokus pada inovasi, kualitas, dan pengiriman. Dana penelitian dan pengembangannya untuk 2019 adalah sebesar USD1 miliar. “Untuk tahun ini (2020), mungkin akan melebihi USD1,4 miliar (Rp),” ungkapnya.

Untuk perusahaan seperti Xiaomi, yang baru memiliki sejarah 10 tahun, penelitian dan pengembangan berskala besar seperti itu patut dipuji. Kecepatan pengembangannya pun bisa dibilang luar biasa.

Xiaomi juga memiliki catatan bagus dengan kualitasnya. Memang, perangkat mereka mungkin bukan yang terbaik diantara semua pesaingnya. Namun, seperti diketahui rasio harga dan performanya sangat baik.

"Hal paling membanggakan yang saya lakukan tahun lalu adalah bahwa saya memenangkan penghargaan pribadi, yang memberikan penghargaan kepada saya karena mementingkan dan mempromosikan kualitas," paparnya.

Aspek lain dari pertumbuhan positif untuk Xiaomi adalah pengiriman. “Kami dulu kehabisan stok untuk waktu yang lama. Saya kemudian menemukan alasan di balik hal tesebut, ternyata kemampuan rantai pasokan tidak mencukupi. Bagi kami pada awalnya, permintaan terlalu tinggi. Namun, itu bukan permintaan tetapi pasokan kami tidak mencukupi,” jelasnya.

Namun, masalah kekurangan stok tidak lagi menjadi masalah bagi Xiaomi. Lei Jun pun menyatakan untuk saat ini, mereka dapat melakukan pengiriman hingga 15 juta unit per bulan, dimana cukup untuk memenuhi antusias para penggemar teknologi.

Share
back to top