CEO Zeiss: Kamera smartphone lebih dari 40MP itu berlebihan

CEO & Presiden Zeiss Group berpendapat sensor 48MP sudah lebih dari cukup untuk melengkapi smartphone.

CEO Zeiss: Kamera smartphone lebih dari 40MP itu berlebihan Source: Electro Deal Pro

Kamera smartphone seiring waktu terus berkembang dan mengalami peningkatan cukup signifikan. Saat ini, kamera dengan resolusi 48MP pada smartphone, menjadi teknologi yang paling mutakhir. Namun belakangan banyak vendor yang mulai mengembangkan kamera beresolusi 64MP untuk mereka adopsikan pada smartphone terbaru.

Akan tetapi, apakah resolusi besar pada kamera itu bermanfaat dan diperlukan? CEO & Presiden Zeiss Group Dr. Michael Kaschke, berpendapat bahwa sensor 48MP sudah lebih dari cukup untuk melengkapi smartphone. Saat berbincang dengan Indian Express, dia menjelaskan adanya batasan dalam hal kecepatan pemrosesan, rasio sinyal pada noise, hingga biaya. Dengan begitu akan menempatkan kamera smartphone beresolusi besar ada pada titik kritis.

Menurutnya apa pun yang melebihi 40MP bisa jadi merupakan pembunuhan yang berlebihan di smartphone, mengingat smartphone memiliki keterbatasan. Lebih lanjut dia mengungkapkan Zeiss Lens ingin lebih fokus pada produk yang melayani profesional, semi-profesional hingga fotografer artistik ketimbang smartphone.

Kendati demikian, dia menyatakan masih ingin bekerja dengan perusahaan smartphone. Saat ini Zeiss sendiri telah bekerja sama dengan HMD Global untuk mengembangkan kamera pada smartphone merek Nokia. 

Dia menambahkan beberapa pengaturan sensor merupakan cara yang baik untuk smartphone karena membantu meningkatkan foto serta memperlakukan smartphone seperti DSLR. Namun menurutnya untuk fotografi profesional, konsumen akan mencari kamera profesional, bukan smartphone.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: