sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Kamis, 18 Mei 2023 12:05 WIB

CEO Satya Nadella bantah tuduhan Microsoft kendalikan OpenAI

Elon Musk mengklaim bahwa Microsoft, yang berinvestasi ke ChatGPT milik OpenAI bernilai miliaran dolar, secara efektif mengendalikan startup tersebut.

CEO Satya Nadella bantah tuduhan Microsoft kendalikan OpenAI
Source: Unsplash/Matthew Manuel

Microsoft tidak mengendalikan OpenAI, CEO Satya Nadella mengatakan dalam sebuah wawancara, membantah tuduhan Elon Musk.

Dilansir dari The Seattle Times (18/5), Musk mengklaim bahwa Microsoft, yang berinvestasi ke ChatGPT milik OpenAI bernilai miliaran dolar, secara efektif mengendalikan startup tersebut.

Nadella menolak klaim itu dan melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa pemain kecil sangat memiliki peluang untuk bersaing dengan perusahaan besar seperti Microsoft dan Google Alphabet.

CEO Microsoft yang berbasis di Redmond mengatakan dewan OpenAI sedang mengarahkan kapal, bertentangan dengan Musk, yang menarik diri dari startup bertahun-tahun yang lalu dan telah menganjurkan untuk memperlambat pengembangan AI karena potensi masalah etika.

“OpenAI sangat membumi dalam misi mereka untuk dikendalikan oleh dewan nirlaba,” kata Nadella. “Kami memiliki kepentingan non-kontrol di dalamnya, kami memiliki kemitraan komersial yang hebat di dalamnya.”

Kemampuan perusahaan kecil untuk membobol AI akan "bergantung pada kecocokan pasar produk" dan tidak ada jaminan bahwa Microsoft dan Google akan menjadi "satu-satunya pemain yang ada," kata Nadella.

Nadella menunjuk mesin pencarian sebagai contoh bagaimana AI telah memicu persaingan baru di ruang yang didominasi oleh Google.

"Siapa sangka? Tahun lalu jika Anda duduk di sini dan seseorang berkata kepada Anda, 'Yah, Anda tahu, akan ada kontes nyata seputar pencarian dan orang-orang bahkan mungkin bermimpi bahwa ada alternatif selain Google,'" kata Nadella, mengutip Bing dan ChatGPT sebagai pesaing yang meningkat. 

“Ada banyak orang lain yang telah memasuki pasar pencarian. Bagi saya itu harus dirayakan, ” katanya.

Share
×
tekid
back to top