sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 16 Des 2021 14:28 WIB

CEO Intel puji TSMC

CEO Intel, Pat Gelsinger mengakui saingan perusahaan mereka, yakni TSMC, sebagai keajaiban di ranah silikon.

CEO Intel puji TSMC

CEO Intel, Pat Gelsinger diketahui baru saja mengunjungi Taiwan. Ada beberapa tujuan dari kedatangannya ke negara tersebut, namun salah satu agenda yang dilakukan olehnya di Taiwan adalah mengunjungi kantor TSMC.

Dalam kunjungan tersebut, ada sebuah hal menarik yang dilontarkan oleh Gelsinger. Dia mengatakan bahwa TSMC merupakan sebuah keajaiban di ranah silikon, meski kedua perusahaan tersebut merupakan saingan.

Dia mengakui bahwa model produksi kontrak TSMC sebagian besar telah memungkinkan ekosistem produksi dan inovasi chip tetap ramai. Dia juga mengatakan bahwa Intel akan terus berinvestasi di Taiwan, tetapi tetap menekankan bahwa rantai produksi chip global harus seimbang.

"TSMC telah membuat keajaiban silikon bagi kami dan orang lain di industri dalam banyak hal," kata Gelsinger, seperti dikutip dari laman Tom’s Hardware (16/12).

"Apa yang telah dilakukan TSMC sangat spektakuler. Inti dari banyak hal ini adalah inovasi. Sungguh menakjubkan apa yang telah ditunjukkan Taiwan dalam beberapa dekade terakhir," sambungnya.

Bagi Intel, Taiwan adalah tempat yang sangat istimewa, dan TSMC adalah musuh yang sangat istimewa. Saat ini Intel sedang mengejar strategi IDM 2.0 baru untuk dapat bersaing dengan produsen chipset lainnya.

Intel juga akan terus berinvestasi di Taiwan (dan bahkan di Tiongkok meskipun ada ketegangan geopolitik antara AS dan RRC) untuk pusat pengembangan dan produksi teknologi tinggi utama. Faktanya, Intel telah mengalihdayakan lebih dari 25% produksinya ke pembuat chip eksternal seperti TSMC. 

Tag
Share
×
tekid
back to top