sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 13 Nov 2023 16:11 WIB

CEO Intel Pat Gelsinger: AI PC akan jadi tren

Dalam acara Intel Innovation Taipei 2023 Technology Forum, CEO Intel Pat Gelsinger menyebut AIPC adalah masa depan.

CEO Intel Pat Gelsinger: AI PC akan jadi tren

CEO Intel, Pat Gelsinger baru-baru ini menunjukkan optimisme yang besar terhadap industri AI PC. Dia mengklaim bahwa perusahaannya akan mempertahankan dominasinya di tahun-tahun mendatang, meskipun persaingan di segmen tersebut semakin memanas.

Hal ini diungkapkan Pat dalam acara "Intel Innovation Taipei 2023 Technology Forum". Dalam acara ini hadir juga para eksekutif dari mitra ekosistem PC-nya seperti ACER, ASUS, dan perusahaan besar lainnya.

Pada kesempatan kali ini, Pat mengungkapkan akan mempertahankan dominasinya di tahun-tahun mendatang, meskipun persaingan di PC dan lebih khusus lagi, segmen AIPC meningkat secara tak terduga.

Dilansir dari laman Wccftech (13/11), baru-baru ini terungkap bahwa NVIDIA dan AMD berencana meluncurkan CPU berbasis ARM pada tahun 2025, dalam upaya untuk menggoyahkan monopoli yang didirikan oleh perusahaan seperti Intel dan Apple.

Seperti diketahui, di persaingan ARM, selain melawan NVIDIA dan AMD, Intel pun harus bersaing dengan Qualcomm. Soalnya, mereka baru saja meluncurkan Snapdragon X Elite belum lama ini, yang ditujukan untuk jajaran laptop yang irit daya.

Intel juga menunjukkan jalur masa depan dalam konferensi mereka, di mana Pat Gelsinger mengklaim bahwa AI adalah masa depan di setiap domain teknologi dan bahwa perusahaan juga bekerja sama untuk mengintegrasikan AI ke dalam industri PC.

Dilaporkan bahwa ASUS memamerkan PC AI di konferensi tersebut, di mana ASUS mengajukan pertanyaan kepada CEO Intel tentang visi perusahaan. Hal ini mengisyaratkan bahwa asisten berbasis AI mungkin benar-benar menjadi kenyataan di industri PC, dan menganggapnya sebagai Siri Apple yang terintegrasi ke dalam PC kita, yang dijalankan melalui suara dan perintah serupa.

Mengakhiri pembicaraan, Pat Gelsinger mengungkapkan bahwa Intel berencana mengirimkan 100 juta “AI PC” pada tahun 2025, yang memang merupakan target yang sangat besar. Meskipun perusahaan tidak mengungkapkan secara spesifik PC AI, kami percaya bahwa ini hanyalah sebuah cara untuk menggabungkan jalur AI generatif ke dalam aliran perangkat keras, yang akan berkontribusi pada cara kita menggunakan PC. 

Intel telah meletakkan fondasi PC yang berfokus pada AI melalui VPU khusus yang hadir di Meteor Lake dan jajaran produk mendatang. Oleh karena itu, jelas bahwa Intel berencana untuk berinovasi dalam industri PC dengan benar-benar mentransisikan sensasi yang diciptakan oleh genAI ke dalam produk konsumen.

Share
×
tekid
back to top