CEO Huawei klaim HongMeng lebih gesit dibanding Android

CEO dan pendiri Huawei Ren Zhengfei mengatakan perusahaannya tak akan mengabaikan pengembangan OS HongMeng.

Huawei masih akan terus mengembangkan sistem operasi yang dinamakan HongMeng. Hal ini tetap berlaku meski pemerintah Amerika Serikat (AS) telah mengizinkan perusahaan-perusahaan yang berbasis di negaranya untuk kembali melangsungkan bisnis bersama Huawei.

Keputusan AS itu juga kembali membuka jalan bagi smartphone Huawei untuk mendapatkan pembaruan sistem operasi Android dari Google. Kendati demikian, CEO dan pendiri Huawei, Ren Zhengfei, mengatakan perusahaannya tak akan mengabaikan pengembangan OS HongMeng.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Huawei sedang dalam diskusi permulus 5G di AS

Huawei sedang dalam diskusi permulus 5G di AS

Begini cara pasang layanan Google di Huawei Mate 30


Kabar terkait OS HongMeng memang mencuat sejak Huawei dicatutkan dalam Entity List AS. Sayangnya, sejauh ini belum ada bocoran yang jelas bagaimana sistem operasi tersebut akan bekerja. 

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Prancis Le Point, Ren mengatakan sistem operasinya akan bekerja pada lintas jaringan, router, data center, serta smartphone. Dari pernyataan tersebut, tampak bahwa HongMeng sangat mirip dengan OS Fuchsia yang sedang dikembangkan Google.

Soal kecepatan, Ren sesumbar sistem operasi Huawei kemungkinan lebih cepat dibanding Android. Dia pun menyatakan hal serupa saat HongMeng dibandingkan dengan MacOS, terkait penerapannya di laptop dan komputer. Menurut Ren, HongMeng memiliki processing delay kurang dari lima milidetik.

Klaim tersebut memang bukan hal baru. Kabar yang beredar menyebutkan OS HongMeng sangat cepat dan akan berjalan di berbagai perangkat. Namun sayangnya wujud sistem operasi tersebut tak kunjung diumbar. Kemungkinan besar OS HongMeng akan diumumkan dalam Konferensi Pengembang Huawei.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: