Celah keamanan Instagram ungkap unggahan akun privat

Instagram dilaporkan memiliki celah keamanan yang dapat mengungkap foto dan stories dari akun yang sudah diatur secara privat.

Celah keamanan Instagram ungkap unggahan akun privat Source: Google

Instagram dilaporkan memiliki celah keamanan yang seharusnya menangani posting-an pada akun yang sudah diatur secara privat. Laporan itu bahkan mengilustrasikan bagaimana posting-an dan stories yang diatur secara privat dapat dibagikan melalui peramban web. 

Setiap browser menawarkan fitur untuk melihat kode di balik tampilan website yang sedang digunakan. Di Google Chrome, fitur ini bernama Inspect Tool. Nantinya pengguna yang mengklik pada bagian “Img” di header Network, dapat menemukan URL dari setiap foto Instagram yang dipilih, meskipun itu berupa stories yang seharusnya dapat menghilang dalam jangka waktu tertentu. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Instagram keluarkan kebijakan baru untuk penggunanya

Caption Instagram kece dari lagu The Beatles

Caption Instagram kece untuk OOTD serba hitam


Parahnya, URL itu dapat dibagikan dan foto di dalamnya dapat diakses oleh siapa saja, termasuk mereka yang tidak mengikuti akun yang bersifat pribadi itu. Sebagaimana diketahui, dengan cara biasa, pengguna Instagram tidak akan dapat melihat akun yang “digembok” jika tidak mengikuti akun tersebut. 

Buzzfeed (10/9) melaporkan setelah melakukan tes, timnya mendapati bahwa gambar atau pun video di URL tersebut,tidak hanya dapat dilihat tapi juga bisa dibagikan ke orang lain. Lewat URL itu juga pengguna dapat mengunduh gambar dan video tersebut. 

Untuk diketahui, semua data tersebut disimpan oleh Facebook, mengingat Instagram dan Facebook masih merupakan satu ekosistem. Hal ini membuat cara yang sama dapat diterapkan juga pada akun Facebook. Nah, di Instagram tidak akan menampilkan siapa saja yang melihat stories melalui URL itu. 

Prosesnya disebut berbeda dengan sekadar mengambil tangkapan layar pada akun privat yang sudah diikuti. URL ini mengandung source code mengenai foto atau video yang terdapat di tautan itu, termasuk bagaimana foto itu diunggah dan ukuran dimensinya. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: