sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
Selasa, 19 Mei 2020 13:42 WIB

Cegah Covid-19, Facebook hadirkan Peta Pencegahan Penyakit

Facebook hadirkan Peta Pencegahan Penyakit, guna membantu memprediksi kemungkinan penyebaran dan mendukung upaya pencegahan Covid-19.

Cegah Covid-19, Facebook hadirkan Peta Pencegahan Penyakit
Source: Cnet

Selama satu tahun terakhir ini, Data for Good Facebook sudah menggunakan data kepadatan penduduk dan data mobilitas populasi untuk membantu peneliti dan epidemiologist dalam berbagai upaya penanganan penyakit di negara-negara di Afrika. Baru-baru ini, Facebook telah mengeluarkan tiga data-set baru untuk Disease Prevention Maps atau Peta Pencegahan Penyakit, yang dapat semakin membantu memprediksi kemungkinan penyebaran penyakit dan mendukung upaya pencegahan Covid-19

Dalam Peta Pencegahan Penyakit ini terdapat tiga fitur, yakni co-location maps, movement range trends, dan the social connectedness index. Pada co-location maps, akan menunjukkan kemungkinan seseorang di satu wilayah berhubungan dengan orang di wilayah lain atau sering disebut “social mixing” dan memperkirakan dimana lokasi kasus Covid-19 berikutnya dapat muncul.

Kemudian fitur movement range trends akan menunjukkan apakah orang di suatu wilayah tetap berdiam di rumah, dan data tersebut dapat membantu peneliti untuk menilai efektivitas dari social distancing. Selanjutnya fitur the social connectedness index akan menunjukkan pertemanan antar negara dan negara bagian untuk memprediksi kemungkinan penyebaran Covid-19, dan mengungkap daerah-daerah yang paling terdampak dan membutuhkan bantuan.

Facebook bekerja sama dengan beberapa mitra dan lembaga penelitian, seperti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia dan Universitas Indonesia. Kerja sama ini memberikan Peta Pencegahan Penyakit tersebut sebagai bahan penelitian untuk dianalisis lebih mendalam dan mendapatkan masukan yang bermanfaat untuk membantu pemerintah menangani pandemi ini. Melalui data ini, tim Analisis Data Covid-19 CSIS mampu menganalisis penyebaran pergerakan orang-orang di Jakarta, dan beberapa provinsi lain dalam waktu tertentu untuk melacak penyebaran virus corona. 

"Minimnya ketersediaan data menjadi tantangan monitoring pergerakan masyarakat selama pandemi Covid-19, dan juga mengevaluasi tingkat efektivitas program PSBB maupun aturan restriksi perjalanan. Dengan memanfaatkan Peta Pencegahan Penyakit dari Facebook, kami dapat memberikan analisis lebih mendalam terkait program tersebut dan juga rekomendasi atau saran bagi pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya terkait pendekatan yang tepat untuk mengatasi pandemi ini," kata Direktur Eksekutif CSIS, Philips J. Vermonte.

Share
back to top