Cari kerja? coba aplikasi pencari kerja Kormo

Bukan hanya sebagai aplikasi pencari pekerjaan saja, melainkan Kormo dapat digunakan untuk membuat CV serta mencari pelatihan untuk pekerjaan yang pengguna inginkan.

Cari kerja? coba aplikasi pencari kerja Kormo Project Lead Kormo, Bickey Russell

Google menyatakan pada saat ini di Indonesia sekitar 42 persen dari total populasi di Indonesia adalah muda-mudi di bawah 25 tahun. Ini berarti, hampir sebagian dari masyarakat Indonesia sedang mencari pekerjaan pertama mereka.

Namun, mencari kerja bukan sebuah hal yang mudah. Melihat tantangan ini, pihak Google baru saja meluncurkan sebuah aplikasi terbaru mereka di Indonesia yang bernama Kormo. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang ditujukan untuk para pencari kerja.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ini daftar gim Android terbaik 2019 versi Google

Daftar aplikasi terbaik 2019, Dana jadi aplikasi pilihan pengguna

Google mudahkan pengiriman gambar semudah aplikasi chatting 


“Jadi misi kami adalah tentang menghubungkan orang dengan peluang ekonomi, dan kami telah melakukan pemeriksaan di negara-negara seperti Indonesia, dan mendapatkan pekerjaan adalah hal pertama yang dilakukan oleh masyarakat,” sebut Project Lead Kormo, Bickey Russell.

Dia juga menyebut, setiap tahunnya ada jutaan orang yang siap masuk ke dunia pekerjaan. Mereka berjuang untuk mencari pekerjaan, dan sering kali bertanya pekerjaan apa yang harus mereka cari, apa yang harus mereka lakukan.

“Kenyataannya, ada satu kesamaan dari para pencari pekerjaan, yakni memiliki sebuah smartphone. Dan kami memulai dari situ,” tegasnya.

Yang paling menarik dari aplikasi ini adalah setelah pengguna menentukan jenis pekerjaan apa yang mereka cari serta mengisi data seperti kemampuan, riwayat pekerjaan, dan lainnya, mereka akan mendapatkan beberapa video tutorial terkait pekerjaan yang akan mereka lamar.

“Kami memiliki fitur dimana akan menyarankan artikel atau video kursus pelatihan untuk Anda langsung di dalam aplikasi. Kami sudah bekerjasama dengan beberapa YouTuber untuk membuat video tutorial tersebut,” paparnya.

Hal unik lainnya adalah para calon pelamar tidak harus membuat CV saat melamar pekerjaan di Kormo. Hal ini dikarenakan Kormo akan membuat sebuah CV secara otomatis setelah pelamar memasukkan semua data yang dibutuhkan.

“Kami akan membuatkan sebuah CV PDF satu halaman bagi para pengguna. Mereka bahkan dapat mengunduhnya atau mencetaknya untuk dibawa pada saat melakukan wawancara,” ungkapnya.

Saat ditanyakan perihal perusahaan yang sudah bergabung, saat ini sudah ada lebih dari 25 ribu perusahaan di Jakarta yang sudah bergabung. Tentu saja, jumlah ini bukan lah jumlah yang sedikit.

“Target kami saat ini adalah untuk memperluas pencarian kerja sampai ke Surabaya dan beberapa kota lainnya,” pungkasnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Google