sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Selasa, 20 Jul 2021 08:45 WIB

Cara screenshot panjang di iPhone

Anda dapat melakukan screenshot bergulir secara langsung. Ini akan memungkinkan Anda untuk menangkap informasi secara rapi. Untuk menggunakan fitur ini, berikut cara yang perlu Anda lakukan.

Cara screenshot panjang di iPhone
Credit: Unsplash

Anda pasti pernah melakukan screenshot pada satu situs web untuk menyimpan informasi tertentu. Tapi, terkadang Anda melakukannya dengan cara screenshot satu persatu bagian secara terpisah. Ini tentu akan cukup merepotkan karena Anda perlu harus telaten untuk memastikan bagian yang di-screenshot sudah mencakup semuanya.

Selain itu, screenshot yang dilakukan secara satu persatu itu akan menganggu karena informasi yang disimpan menjadi tidak rapi. Jadi, ini akan membuat Anda dapat berpotensi mengalami kesalahan dalam membaca informasi. Sementara itu, Apple sebenarnya telah menghadirkan fitur pada iOS yang memungkinkan pengguna untuk screenshot bergulir (panjang). Jadi, Anda dapat melakukan screenshot yang langsung dapat mencakup seluruh situs web dalam satu gambar.

Fitur itu akan memudahkan Anda untuk dapat menangkap informasi dalam bentuk gambar bersambung secara langsung. Anda tidak lagi perlu untuk screenshot sat per satu. Untuk menggunakan screeshot panjang sebenarnya sangat mudah, berikut cara yang perlu Anda lakukan.

Pertama, Anda perlu untuk melakukan screenshot pada perangkat iOS Anda. Untuk seri iPhone tanpa tombol home, tekan dan tahan tombol power serta volume up secara bersamaan agar dapat melakukan screenshot. Untuk seri iPhone yang masih menggunakan tombol home, Anda dapat menekan tombol home dan power secara bersamaan. Atau mungkin, jika Anda mengaktifkan Assistive Touch, Anda dapat melakukan screenshot melalui pengaturan cepat di dalamnya.

Setelah Anda berhasil melakukan screenshot, sekarang Anda akan melihat pratinjau dari screeshot yang berada di pojok kiri bagian bawah layar iPhone. Kemudian ketuk pratinjau tersebut, dan Anda akan disajikan dengan pilihan pengaturan dan pengeditan dari screenshot. Pada bagian atas dari pratinjau, disajikan dengan dua pilihan pengaturan screenshot yang dapat menangkap bagian secara parsial dan penuh, yakni Screen dan Full Page.

Untuk menggunakan fitur screenshot panjang, Anda perlu untuk memilih pengaturan Full Page. Pengaturan ini akan menangkap seluruh bagian dari situs web yang Anda screenshot. Setelah screenshot bergulir telah dilakukan, Anda dapat mengetuk Done dan menyimpannya ke dalam bentuk PDF di aplikasi File, Note, dan sebagainya. Kini, Anda tidak perlu repot untuk melakukan screenshot satu persatu.

Tag
Share
×
tekid
back to top