sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 06 Jul 2021 14:38 WIB

Cara nonaktifkan fitur cerdas Gmail untuk tingkatkan privasi

Bagi Anda yang ingin menonaktifkan fitur-fitur untuk mereduksi pelacakan yang dilakukan oleh Google di Gmail, begini caranya.

Cara nonaktifkan fitur cerdas Gmail untuk tingkatkan privasi
Source: Unsplash

Sudah menjadi rahasia umum, jika Google secara aktif menghimpun informasi dari interaksi pengguna di platform-nya, termasuk email. Hal ini dilakukan untuk dapat menjalankan berbagai fitur yang berguna, seperti Smart Reply dan Smart Compose di Gmail. Dilansir Android Central (6/7), fitur cerdas itu bagi pengguna sebenarnya tidak bisa dikatakan gratis. Ini karena Google menghadirkan layanan tersebut dengan mengambil informasi dari interaksi yang dilakukan pengguna.

Praktik ini tentu cukup merisaukan karena dapat mengganggu privasi pengguna. Agar mendapat privasi lebih, tentu fitur di Gmail itu harus dimatikan. Bagi Anda yang ingin menonaktifkan fitur-fitur untuk mereduksi pelacakan yang dilakukan oleh Google di email, begini caranya.

Pertama, Anda perlu masuk ke akun Gmail, klik ikon Pengaturan berbentuk gerigi roda yang berada di sudut kanan atas Gmail, lalu klik lihat semua setelan. Gulir ke bawah hingga Anda melihat Smart Compose.

Setelah Anda menemukan fitur Smart Compose, Anda juga akan menemukan beberapa fitur cerdas yang ada di bawahnya. Lalu perhatikan, ada beberapa fitur yang harus dinonaktifkan antara lain, saran penulisan, personalisasi, saran tindak lanjut, dan Smart Reply.

Fitur cerdas ini perlu dimatikan apabila tidak ingin interaksi Anda dilacak oleh Google. Sebab, perusahaan dapat menghadirkan fitur cerdas seperti Smart Compose dan Smart Reply berdasarkan analisis atas interaksi Anda di email. Analisis diperlukan agar Google bisa mendapat gambaran tentang gaya penulisan yang biasa dilakukan pengguna, kemudian dimanfaatkan untuk memberi saran penulisan yang lebih alami.

Secara sederhana, itu berarti Google harus mengamati kebiasaan Anda sehingga dapat menjalankan fitur cerdasnya di email. Jika itu terdengar menyeramkan bagi Anda, segera matikan untuk mendapat kenyamanan dan privasi yang lebih saat berinteraksi di Gmail.

Share
×
tekid
back to top