sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 27 Jun 2022 10:25 WIB

Cara bikin foto panning menggunakan smartphone

Berikut cara dan langkah untuk mengambil foto dengan teknik panning menggunakan mode Pro pada smartphone.

Cara bikin foto panning menggunakan smartphone

Mengambil foto layaknya professional kini bukan hal yang mustahil lagi, khususnya bagi para pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan fitur-fitur pada kamera smartphone sudah semakin canggih dan bisa mengambil foto bak profesional dengan sekali ketuk.

Salah satu teknik foto yang cukup populer saat ini adalah fotografi panning. Teknik foto ini akan menampilkan subjek yang tampak sedang melaju dalam kecepatan tinggi, sementara latar belakangnya blur. Atau mudahnya membekukan subjek bergerak. Untuk mengambil foto seperti ini cukup menantang, karena tak hanya mengandalkan fitur pada smartphone, namun kalian juga harus mendapatkan momentum yang tepat.

Untuk mendapatkan foto panning, kalian bisa menggunakan smartphone yang memiliki mode Pro, kali ini Tek.id menggunakan OPPO Reno7 5G. Adapun beberapa pengaturan untuk mengambil foto panning, termasuk mencari posisi dan cahaya yang tepat.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke mode Pro, kemudian atur ISO ke 100-400, tergantung kecerahan cahaya di tempat kalian mengambil foto. Setelah itu, kita juga harus mengatur shutter speed ke manual.

Untuk mode panning, kami menyarankan kalian bisa menggunakan shutter speed antara 1/30 atau 1/60. Untuk mendapatkan hasil sempurna, kalian diharuskan mencari fokus terbaik dengan kamera kalian. Pastikan kamera kalian fokus di subjek dan ikuti subjek yang ingin diambil. Untuk memudahkan, pastikan subjek yang ingin kalian foto berada di tengah. kalian, bisa mengaktifkan tampilan grid pada kamera dan posisikan subjek ditengah sembari mengikuti pergerakannya. Ketika subjek sudah cukup fokus maka tekan shutter.

Memang, untuk beberapa percobaan awal kalian akan mendapatkan banyak hasil yang kurang baik. Akan tetapi, dengan beberapa kali penyesuaian kalian pasti bisa mendapatkan hasil foto yang baik.

 

Tag
Editor
Share
×
tekid
back to top