sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
Selasa, 06 Apr 2021 10:29 WIB

Mudah! Begini cara cek apakah data akun pernah bocor

Penting bagi pengguna untuk mengetahui apakah data yang ada dalam akun tertentu pernah bocor atau tidak. Berikut caranya.

Mudah! Begini cara cek apakah data akun pernah bocor
Source: Pexels

Selama beberapa hari terakhir, terungkap data pribadi ratusan juta pengguna Facebook di seluruh dunia bocor. Hal ini tentunya membuat khawatir para pengguna. Lebih khusus lagi, lebih dari 533 juta akun dari 106 negara yang berisikan nomor telepon, nama lengkap, lokasi, alamat email, dan informasi sensitif lainnya ditemukan diunggah secara publik di forum peretasan.

Menurut juru bicara Facebook melalui Twitter, data yang dibocorkan tersebut merupakan data lama yang sebelumnya dilaporkan pada 2019. Perusahaan mengklaim sudah memperbaiki masalah ini pada Agustus 2019 lalu. 

Meski demikian, pengguna patut khawatir dan lebih perhatian lagi dengan akunnya. Bagi yang mungkin masih memiliki nama lengkap, tanggal lahir, nomor ponsel, alamat email maupun fisik yang sama dengan data pada 2019, ini akan menjadi sensitif. Untuk itu, pengguna perlu tahu apakah mereka termasuk dalam data yang bocor atau tidak.

Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah data Anda pernah dibobol atau tidak. Bahkan kini banyak situs-situs yang ditujukan untuk mengecek kasus ini, salah satunya adalah situs Have I Been Pwned.

Situs ini adalah proyek peneliti keamanan Troy Hunt dan didedikasikan untuk memberi tahu orang-orang apakah detail pribadi mereka telah bocor. Anda hanya perlu memasukkan alamat email, lalu sistem akan mengidentifikasi apabila terdapat kebocoran informasi.

Situs pengecek data akun bocor

Jika ketahuan pernah menjadi korban kebocoran data, Anda disarankan untuk mengubah kata sandi seluruh akun yang terhubung pada alamat email tersebut. Untuk keamanan tambahan, layanan pengelola kata sandi juga dapat berguna dalam membuat kata sandi yang kuat, unik, dan sulit ditebak. Sangat disarankan juga untuk melakukan otentikasi dua faktor (2FA) di layanan online manapun yang menawarkannya, 

Share
×
tekid
back to top