sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 31 Des 2019 09:50 WIB

Cara cegah jam tangan berembun setelah ganti baterai

Adanya embun di balik kaca jam tangan tidak serta merta dikarenakan oleh penutup baterai yang kurang rapat, meski hal ini merupakan salah satu penyebabnya.

Cara cegah jam tangan berembun setelah ganti baterai

Setelah mengganti baterai jam tangan, baik itu dilakukan sendiri atau di toko jam mungkin beberapa dari kamu pernah mengalami kondisi di mana bagian dalam kaca jam tangan mulai berembun, dan yang paling menjengkelkan adalah bahwa embun tersebut akan bertambah banyak seiring bertambahnya waktu. Gangguan ini akan lebih cepat terjadi ketika jam tangan tersebut terkena air.

“Wah celaka, kok jam tangan ini malah berembun? Padahal kan ini jam tangan tahan air, sebelum ganti baterai tidak ada gangguan embun. Pasti gara-gara menutup cover baterainya kurang rapat,” inilah yang mungkin ada di benak kalian saat mengalaminya.

Tetapi tunggu dulu Sahabat Tek! Adanya embun di balik kaca jam tangan tidak serta merta dikarenakan oleh penutup baterai yang kurang rapat, meski hal ini merupakan salah satu penyebabnya. Namun, sebab lain dari embuh di dalam kaca jam tangan adalah masuknya udara lembap ke dalam kompartemen baterai (atau ruang mesin) jam tangan.

Ini lumrah terjadi ketika kita mengganti baterai jam tangan tidak pada orang yang ahli atau minimal tahu dengan kasus tersebut. Seperti yang diketahui, Indonesia berada pada iklim tropis dengan kelembapan di udaranya. Dengan demikian, kamu harus mencegah udara lembap masuk ke dalam jam tangan. Lho, bagaimana caranya?

Tidak terlalu sulit kok, caranya adalah mengganti baterai jam tangan di ruangan dingin (ber-AC). Usahakan suhu ruangan maksimal ketika kamu mengganti baterai berada di 22 derajat Celcius agar memastikan tidak ada udara lembap.

Satu lagi cara yang sangat berpengaruh adalah menggunakan silicon grease untuk melapisi seal (atau ada yang bilang o-ring/gasket) yang ada di antara bodi jam tangan dan pelat belakangnya. Pelapis ini berbentuk meyerupai gel yang berfungsi untuk menyerap udara lembap dalam jam tangan. Silicon grease ini biasanya dijual di toko-toko jam tangan, atau kamu dapat membelinya secara online.

Saya pernah beberapa kali mengganti baterai jam tangan sendiri, beberapa di antaranya adalah Casio G-Shock DW-6100 dan Casio G-Shock Riseman DW-9100. Kedua jam ini tidak mengalami masalah kaca berembun, dan sensor yang ada di jam tangan tersebut masih berjalan normal seperti biasa. Malahan saya pernah merendam salah satunya ke dalam air, dan tidak ada masalah. Ini semua berkat silicon grease.

Jadi jika kamu tidak sempat mengganti baterai jam tangan di toko resmi dan terpaksa menggantinya di pinggir jalan, maka usahakan seal pada jam tangan dilapisi silicon grease terlebih dahulu. Sebagai informasi, embun pada jam tangan akan menyebabkan karat pada mesin jam tangan (digital atau analog) yang berujung pada kerusakan fatal.

Share
×
tekid
back to top