sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
Senin, 09 Agst 2021 16:30 WIB

Cara bikin video cinematic pakai smartphone

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil tangkapan video yang menarik. Selain mengikuti tips dari para profesional, Anda juga dapat menggunakan fitur inovatif pada ponsel.

Cara bikin video cinematic pakai smartphone

Membuat video saat ini sudah semakin mudah saja. Kita tidak perlu lagi peralatan mahal untuk membuat video yang bagus, seperti kamera profesional yang berharga puluhan juta rupiah. Kini, Anda bisa mengandalkan sebuah smartphone untuk membuat video yang tak kalah menarik. 

Namun, apakah sebuah smartphone bisa menghasilkan video dengan hasil yang baik. Atau katakanlah, membuat video cinematic? Tentu saja bisa.

Berikut tips membuat video cinematic menggunakan OPPO Reno6.

 

Pastikan subjek berada di tengah frame

Mode Grid aktif

Video cinematic adalah sebuah video yang bercerita. Untuk itu, salah satu faktor yang harus kalian perhatikan adalah subjek. Pastikan subjek berada di tengah frame. Jika Anda cukup familiar dengan Rule of Thirds, Anda juga bisa berimprovisasi menempatkan subjek Anda agak ke kiri atau ke kanan. Hal ini bertujuan untuk membantu penonton agar bisa lebih fokus pada subjek.

Untuk membantu Anda memastikan subjek ada di tengah atau berada di area Rule of Thirds, kalian bisa mengaktifkan Grid lines pada smartphone Anda. Di OPPO Reno6, kalian bisa mengaktifkan Grid dengan buka aplikasi kamera > toolbar atas > Settings > Composition > Video > aktifkan Grid.

 

Perhatikan cahaya

Saat mengambil video, pilih pengaturan waktu dengan hati-hati untuk mendapatkan hasil terbaik. Pastikan juga Anda memiliki cukup cahaya saat mengambil video di dalam ruangan, terutama di malam hari.

Hal ini karena Anda akan menemukan kesulitan pada proses editing dengan stok gambar yang kurang baik. Jadi sebaiknya hindari eksposur yang berlebih. Optimalkan lah pengambilan gambar pada saat golden hour. Jika pada malam hari, gunakan bantuan cahaya untuk mendapatkan tangkapan yang baik.



Membuat latar belakang blur, namun objek tetap tajam

Untuk membuat video semakin apik, Anda bisa menambahkan efek blur atau bokeh. Efek ini memang mudah dilakukan menggunakan kamera profesional, namun dengan perkembangan fitur videografi yang disematkan pada smartphone, kini Anda bisa mengambil video dengan efek bokeh.

Pada OPPO Reno6, Anda bisa tetap fokus pada subjek Anda dengan mudah. Bahkan ketika subjek Anda bergerak cukup lincah. Fitur ini bisa ditemukan pada mode Video. Kemudian ketuk ikon bulat dengan titik-titik diluarnya. Ini adalah fitur bokeh untuk video.

Video bokeh

 

Menariknya, pada OPPO Reno6, Anda bisa mengatur tingkat kebokehan latar belakang subjek. Mengaturnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menggeser slider yang ada di bagian bawah ini. Hal ini memudahkan Anda untuk mengatur tingkat bokeh sesuai dengan yang Anda inginkan.

Slider tingkat bokeh video

 

Gunakan stabilizer atau fitur stabiliasi

Salah satu faktor yang tak kalah penting saat mengambil video cinematic adalah mengambil subjek bergerak. Pastinya Anda memiliki footage dimana subjek Anda berjalan di bawah rintik hujan atau menyisir pantai kala senja. Memberikan rasa syahdu saat menontonnya.

Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan di sini, yakni pastikan video yang Anda ambil tidak goyang. Bagaimana caranya? 

Ada dua cara untuk memastikan rekaman video tidak goyang. Cara pertama, gunakan gimbal eksternal. Namun, kalau smartphone Anda sudah dibekali dengan fitur stabilisasi yang baik, jangan sia-siakan fitur tersebut.

Di Reno6, Anda tidak perlu lagi membeli gimbal atau stabilisasi eksternal. Anda bisa memanfaatkan Fitur Steady yang sudah menjadi salah satu keunggulan fitur videografi OPPO Reno6.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini pada mode Video, dan ketuk ikon kamera yang bergetar di sisi atas. Ada dua jenis stabilisasi pada OPPO Reno6, Ultra Steady dan Ultra Steady Pro. Gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fitur Ultra Steady dapat diaktifkan dengan menekan ikon stabilisasi kamera

 

Bokeh Flare Portrait Video

Jika Anda berencana untuk mengambil video di malam hari, pasti Anda akan mengkhawatirkan penerangan. Ya, penerangan pada subjek memang salah satu hal yang harus dijaga. Agar mendapatkan subjek yang tajam, pastikan ia mendapatkan penerangan yang cukup. Sementara untuk penerangan di latar belakang subjek, cukup sulap saja agar jadi lebih dramatis dengan fitur ekslusif milik OPPO Reno6.

Fitur ini bernama Bokeh Flare Portrait Video, yang bekerja dengan menggunakan algoritma kecerdasan buatan OPPO untuk membuat sumber cahaya pada latar belakang menjadi titik cahaya bokeh. Jika Anda cukup familiar dengan Night Flare Portrait pada OPPO Reno5, fitur ini bekerja seperti itu, hanya saja dalam mode video.

Dengan merekam video menggunakan fitur ini, Anda dapat menghasilkan video malam yang dramatis, seperti yang dihasilkan oleh kamera professional.

 

Portrait Beautification Video

Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana memastikan subjek yang hadir pada video Anda tetap tampil menawan. Jika subjek yang Anda pilih adalah seorang wanita, bagaimana caranya Anda bisa membuat tampilan wanita tersebut tetap cantik, anggun, dan menarik.

Menariknya, pada OPPO Reno6 Anda bisa dengan mudah membuat subjek wanita tampak cantik natural dengan fitur Portrait Beautification Video.

Fitur ini bekerja dengan menggabungkan pengenalan hingga 193 titik wajah untuk video, kemudian menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan efek beautifikasi yang halus dan alami.

Beberapa hal yang bisa Anda dapat dari fitur ini adalah tampilan kulit pada wajah akan tampak halus dan natural, menyamakan warna kulit wajah dengan leher dan lengan, menghaluskan kulit, dan mencerahkan mata agar terlihat lebih memukau.

 

Itu tadi tips membut video cinematic menggunakan smartphone. Anda juga bisa membuat video cinematic dengan tampilan yang jauh lebih menarik dengan menggabungkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh OPPO Reno6.

Selamat mencoba.

 

Editor
Share
×
tekid
back to top