sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
Sabtu, 24 Apr 2021 12:03 WIB

Cara bergabung di Space, fitur Twitter pesaing Clubhohse

Fitur audio sosial Space dari Twitter sudah dapat digunakan bagi beberapa pengguna Android. Berikut cara dan hal-hal yang harus Anda ketahui.

Cara bergabung di Space, fitur Twitter pesaing Clubhohse
Source: Glints

Beberapa pengguna Android mungkin merasa risih dengan pengguna iOS yang membagikan pengalaman mereka di Clubhouse. Tapi kini, Anda tidak perlu merasa tersisih, karena fitur serupa dari Twitter, yakni Space hadir untuk Android, juga iOS. Meski masih dalam pengujian, fitur ini sudah seringkali diberitakan dan banyak juga yang sudah mencobanya. Nah, tanpa berpanjang lebar, berikut kami bagikan cara menggunakan Space di Twitter. 

Langkah pertama adalah buka aplikasi Twitter Anda. Lalu, bagi Anda yang sudah mendapatkan pembaruan fitur Space, akan melihat deretan profil ungu di bagian atas, di tempat yang sama dengan Fleet. Profil dengan warna ungu menunjukkan Space sedang aktif. 

Untuk meninjau partisipan, cukup klik Space tersebut. Lalu akan muncul halaman dengan profil foto partisipan. Klik "Join this Space" yang tertera di bagian bawah halaman tersebut. 

Cara bergabung di Space Twitter

Tampilan pratinjau partisipan dan tampilan setelah bergabung tidak terlalu berbeda. Tampilan ini cukup sederhana dengan Host dan Speaker berada di urutan awal, lalu diikuti Listener atau pendengar. 

Setelah masuk, Anda bisa mengajukan diri sebagai pembicara dengan mengklik tombol Request di pojok kiri bawah layar. Jika host mengizinkan, tombol Request berubah menjadi tombol bergambar mikrofon. Tombol tersebut dapat digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan speaker, karena kini Anda memiliki akses untuk bicara. 

Baik pembicara atau pendengar, dapat memberikan reaksi terhadap pembicara lain dengan menekan gambar hati dengan simbol + di pojok kanan bawah. Selain itu, Anda juga dapat mengumumkan Space yang sedang berlangsung sebagai tweet atau DM. Caranya, dengan mengetuk tombol bagikan yang juga ada di pojok kanan bawah. 

Perlu diketahui, Space saat ini masih dalam versi beta. Tidak semua pengguna Twitter dapat membuat Space di aplikasinya. Jika Anda salah satu yang beruntung, cara membuat ruang obrolan di Space adalah dengan mengklik tombol + yang juga digunakan untuk membuat tweet. Lalu, akan disuguhkan opsi untuk Space di samping foto dan GIF pada jendela pop-up

Sebagai tambahan, Anda tidak perlu selalu berada di aplikasi Twitter atau menyalakan layar untuk menjalankan Space. Fitur ini kabarnya dapat tetap terbuka di background, layaknya panggilan audio lainnya.

Share
×
tekid
back to top