sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 27 Jun 2022 18:27 WIB

Aktifkan fitur keamanan ini jika kamu gemar transaksi online

Untuk menghindari pencurian data pengguna saat transaksi online, aktifkan fitur keamanan yang ditawarkan pada smartphone Anda.

Aktifkan fitur keamanan ini jika kamu gemar transaksi online

Kehadiran smartphone saat ini memang mengubah banyak hal. Tak hanya memudahkan komunikasi, smartphone juga menjadi perangkat fotografi yang andal, perangkat bekerja mobile, sampai menjadi alat pembayaran.

Sebagai alat pembayaran, kita tentu sudah semakin terbiasa melakukan pembayaran menggunakan smartphone. Selain NFC dan scan barcode, kita juga sering kali belanja online dan melakukan pembayaran via mobile. Tapi tahukah kalian, ada risiko yang mengintai di balik kemudahan transaksi menggunakan smartphone. Salah satunya adalah pencurian data kredensial.

Untuk menghindari pencurian data pengguna, produsen smartphone turut menghadirkan beberapa fitur keamanan. Pada ponsel OPPO, Reno7 Series menawarkan beberapa fitur keamanan untuk pengguna yang sering melakukan transaksi secara online. Karena banyak penggunanya berusia muda.

Fitur ini bernama Payment Protection. Fitur Payment Protection bekerja dengan mendeteksi setiap aplikasi yang memiliki layanan transaksi di dalamnya. Jika aplikasi tersebut memiliki layanan transaksi pembayaran, maka fitur ini akan memastikan bahwa aplikasi tersebut aman digunakan, tidak ditunggangi oleh aplikasi pihak ketiga yang sering digunakan untuk mencuri data kredensial (malware).

Ketika membuka aplikasi tersebut, fitur Payment Protection akan memindai aplikasi terlebih dahulu. Jika sudah dipastikan aman, maka akan muncul logo tameng dengan logo ‘S’ di pojok kanan atas dan informasi ‘Secure Environment’. Dengan begini, kalian bisa melakukan transaksi dengan tenang.

Kalian juga bisa melakukan pengecekan berkala pada setiap aplikasi yang memiliki Transaksi online di dalamnya. Caranya buka Settings, kemudian Password & security, pilih System security, lalu Payment Protection, ketuk View report. Pastikan semua kondisi tercentang.

Selain itu, kalian juga bisa menambah tingkat keamanan smartphone kalian dengan mengaktifkan Secure keyboard. Misalnya, membuka aplikasi perbankan atau aplikasi yang menawarkan layanan keuangan digital, termasuk semua aplikasi yang memerlukan kata sandi.

Jika diaktifkan, Secure Keyboard tidak akan merekam informasi sensitif yang kalian masukkan seperti kata sandi, memutuskan koneksi ke Internet, dan mematikan fitur auto correct. Saat Secure Keyboard diaktifkan, sistem secara otomatis beralih ke Secure Keyboard OPPO saat kalian perlu memasukkan informasi sensitif. Ini memastikan bahwa informasi sensitif kalian tetap aman.

Cara mengaktifkan fitur Secure Keyboard, kalian bisa membuka Settings, kemudian cari menu System settings, lalu pilih Keyboard & Input method. Aktifkan toggle Secure keyboard for passwords.

 

Editor
Share
×
tekid
back to top