sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 04 Nov 2022 13:05 WIB

Cara aktifkan Smart Driving ponsel OPPO untuk berkendara lebih aman

Pada ponsel OPPO, salah satunya OPPO Reno8 4G, terdapat fitur yang bernama Smart Driving. Ini memungkinkan kamu lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Cara aktifkan Smart Driving ponsel OPPO untuk berkendara lebih aman

Ketika mengendarai kendaraan, mau mobil ataupun motor, pengemudi harus benar-benar fokus pada jalanan. Hal tersebut demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan sampai pada tujuan dengan selamat. Oleh karena itu, pandangan pengendara tidak boleh terdistraksi oleh benda-benda yang dapat mengalihkan penglihatan ke arah depan.

Namun, praktiknya tidak demikian. Seringkali pengendara justru menggunakan ponsel saat berkendara. Tidak cuma menelpon, terkadang malah sambil berbalas pesan melalui aplikasi perpesanan begitu muncul notifikasi dari atasan atau gebetan. Hal ini tentu saja sangat berbahaya. Untuk pengendara itu sendiri, juga pengendara lain. 

Agar dapat berkendara secara aman tanpa gangguan dari ponsel, beberapa ponsel OPPO, termasuk OPPO Reno8 4G dibekali dengan fitur bernama Smart Driving. Fitur ini hadir untuk membuat pengguna dapat berkendara lebih fokus. Smart Driving memungkinkan panggilan telepon dan notifikasi yang masuk ke OPPO Reno8 4G dapat diatur, sehingga hanya panggilan tertentu yang dapat masuk (atau demi keamanan tambahan, semua notifikasi akan tidak aktif).

Berikut adalah cara mengakses fitur Smart Driving:

1. Buka menu pengaturan (Settings) OPPO Reno8 4G

2. Cari dan pilih menu Smart Services

3. Setelah itu, pilih Smart Driving. Pada titik ini, kamu dapat mengaktifkan Smart Driving dengan menggeser slider ke arah kanan.

Pada menu Smart Driving, terdapat opsi bernama ‘Do Not Disturb while Driving’. Menekan opsi ini akan menampilkan menu lainnya. Pertama adalah menu ‘Allow calls from’, yang mengizinkan siapa saja dapat menelepon masuk saat berkendara.

Di dalam pilihan ‘Allow calls from’, terdapat pilihan ‘No one’ yang tidak mengizinkan siapapun melakukan panggilan ke ponsel. Sedangkan pilihan ‘Anyone’ memungkinkan kamu menerima siapapun. Kemudian ada pilihan bernama ‘Contacts Only’ yang sudah dapat ditebak bahwa kamu akan menerima telepon dari teman yang ada di dalam kontak. Sedangkan jika kamu memilih ‘Starred contacts only’, maka kamu akan menerima panggilan telepon dari kontak yang sudah ditandai bintang.

Menu selanjutnya dalam fitur Smart Driving adalah ‘Auto switch to speaker’. Jika mengaktifkan pilihan ini, OPPO Reno8 4G akan secara otomatis mengubah panggilan suara langsung ke mode pengeras suara. Ini memungkinkan pengendara dapat berbicara lebih leluasa tanpa memegang ponsel.

Ada pula menu yang bernama ‘Ring for repeated calls’. Jika diaktifkan, kamu akan mendengar notifikasi suara panggilan masuk apabila ada orang yang secara terus-menerus mencoba menghubungi kamu. Reno8 4G juga dapat diatur untuk membuat pesan untuk menolak panggilan dengan menggunakan fitur ‘Auto send a decline message’.

Di sisi lain, ponsel juga dapat secara otomatis menolak panggilan suara maupun video yang dilakukan menggunakan aplikasi WeChat. Dengan demikian, pilihan menu-menu yang ada di dalam fitur Smart Driving dapat menghindari kamu terganggu oleh panggilan atau notifikasi yang tidak terlalu urgent.

Hal yang tidak kalah penting adalah fitur Smart Driving dapat aktif secara otomatis ketika Reno8 4G terhubung ke sistem audio mobil melalui koneksi Bluetooth. Kamu dapat mengaktifkan fitur aktivasi Smart Driving secara otomatis dengan cara mengakses pilihan ‘Smart Driving On When Bluetooth Car Kit Is Connected’ pada menu utama Smart Driving.

Selain Smart Driving, ada pula fitur yang bernama ‘Riding mode’. Berbeda dengan Smart Driving, Riding mode berguna ketika kamu mengendarai sepeda motor. Beberapa fungsi yang ada di Riding mode hampir sama seperti Smart Driving, tetapi Riding mode tidak menyediakan pilihan ‘Auto switch to speaker’.

Berikut adalah cara mengaktifkan Riding mode di OPPO Reno8 4G:

1. Buka menu pengaturan (Settings)

2. Cari dan pilih menu Smart Services

3. Pilih Riding mode

Demikianlah tips cara menggunakan fitur Smart Driving di ponsel OPPO Reno8 4G. Hadirnya fitur ini merupakan upaya OPPO untuk mengkampanyekan berkendara dengan aman. Jika memang ada panggilan atau notifikasi penting, kalian disarankan untuk berhenti di tempat aman. Usahakan berhenti pada tempat-tempat yang diizinkan dan tidak mengganggu pengendara lain.

Editor
Share
×
tekid
back to top