sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
Jumat, 17 Sep 2021 20:39 WIB

Capai 300 ribu mitra, DANA Binis hadirkan fitur katalog

Mitra UMKM DANA yang terhimpun dalam DANA Bisnis kini mencapai 300.000 mitra. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang tercatat 200.000 mitra. 

Capai 300 ribu mitra, DANA Binis hadirkan fitur katalog

Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia diakui banyak pihak. Hal ini juga diamini oleh dompet digital DANA, dimana mitra UMKM-nya terus mengalami pertumbuhan meski di tengah pandemi. 

Mitra UMKM DANA yang terhimpun dalam DANA Bisnis kini mencapai 300.000 mitra. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang tercatat 200.000 mitra. Secara umum, para mitra usaha juga mencatatkan peningkatan transaksi sejak memanfaatkan DANA Bisnis. Bahkan, selama penerapan PPKM, pemanfaatan DANA Bisnis mampu mendorong transaksi para pelaku usaha.

Transaksi menggunakan DANA Bisnis selama Januari – Juni 2021 tercatat naik lebih dari 35% dibandingkan periode Juli – Desember 2020. Sementara jumlah mitra aktif pada Agustus 2021 naik 133% (year-on-year) dibandingkan Agustus tahun lalu.

Peta penyebaran DANA Bisnis pun disebut meluas. Mitra DANA Bisnis tidak hanya terpusat di Pulau Jawa, tetapi ikut merambah ke area baru seperti Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Bahkan, berdasarkan catatan DANA, hingga September 2021, sudah bertambah lebih dari 1.100 desa baru yang telah didigitalisasi oleh DANA melalui fitur DANA Bisnis.

Untuk lebih mendorong kemajuan bisnis mitranya fitur DANA Bisnis kini dilengkapi dengan fitur baru bertaju Katalog. Fitur ini memungkinkan UMKM untuk membuat katalog produknya di aplikasi DANA, layaknya di marketplace. Mitra DANA Bisnis bisa menampilkan hingga 15 produk dalam katalog dan mengirimkannya dalam bentuk tautan kepada calon pembeli untuk memudahkan pembeli dalam memilih produk yang sesuai.

Tautan produk juga bisa dimanfaatkan  oleh para pelaku usaha dengan menyematkannya di akun profil bisnis di media sosial, guna meningkatkan eksistensinya di dunia digital dan memperluas potensi pasar baru dengan mudah.

"Dulu DANA Bisnis hanya dilengkapi fitur metode pembayaran, sekarang ada fitur produk katalog. Fungsinya, kalau UMKM punya daftar produk, bisa ditampilkan di aplikasi yang sama. Menariknya, tautan katalog produk bisa disematkan ke profil Instagram dan WhatsApp, sehingga nanti konsumen bisa melihat produk apa saja, jumlahnya berapa, nanti tinggal klik dan bayar pakai DANA," kata Luqman Ibnu, Head of QR Operations DANA

Sebagai informasi, DANA Bisnis merupakan fitur yang ditujukan untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis online maupun offline. Dengan DANA Bisnis, pelaku usaha dapat menerima pembayaran lewat berbagai jenis dompet digital yang memiliki QRIS tanpa biaya transaksi sehingga memudahkan konsumen.

 

 

Share
×
tekid
back to top