sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
Selasa, 20 Okt 2020 15:49 WIB

Canon umumkan sensor kamera beresolusi 250 MP

Canon tidak berencana untuk menyematkan sensor terbarunya ke dalam kamera DSLR atau mirrorless tingkat konsumen dalam waktu dekat.

Canon umumkan sensor kamera beresolusi 250 MP

Canon baru saja meluncurkan sensor gambar beresolusi sangat tinggi yang menyasar ke pasar industri dan kamera pengawas (surveillance). Sensor gambar dengan format APS-H ini membuat terobosan baru dengan resolusi 250 MP. Resolusi tinggi tersebut berarti 125x lebih tajam dari Full HD dan 30x lebih tajam jika dibandingkan dengan resolusi 4K.

Perlu diingat bahwa ini bukanlah pertama kali bagi Canon dalam merilis sensor gambar beresolusi sangat tinggi. Dilansir dari PetaPixel (20/10), perusahaan asal Jepang tersebut sebelumnya pernah memamerkan sensor APS-H 120 MP pada 2018, serta merilis sensor CMOS dengan “kepekaan sangat tinggi” sehingga dapat melihat dalam gelap.

Sensor CMOS APS-H 250 MP dari Canon ini mampu mengambil gambar secara keseluruhan pada 5 fps, atau menggunakan teknologi yang disebut Region of Interest untuk merekam setiap bagian 8K pada 24 fps. Jika pengguna ingin menangkap seluruh gambar dengan sedikit lebih cepat, ada juga teknologi Line-skipping yang memungkinkan mengambil gambar hingga 45 fps.

Meski demikian, Canon tidak berencana untuk menyematkan sensor terbarunya ke dalam kamera DSLR atau mirrorless tingkat konsumen dalam waktu dekat. Mereka menyebutkan sensor ini digunakan untuk kelas industri, pengarsipan digital, pengawasan area luas, dan mikroskop. Meskipun Canon menyebutkan “sensor video” saat mengumumkannya, sensor ini mungkin tidak akan ada di kamera EOS R atau Cinema EOS.

Meskipun sensor semacam ini jarang ditujukan untuk penggunaan konsumen, Canon memamerkan apa yang sedang dikerjakan oleh divisi sensornya dan memberikan harapan bahwa teknologi ini pada akhirnya akan masuk ke pasar konsumen. Kemampuan untuk mengemas lebih banyak piksel pada sebuah sensor tentu akan berguna ketika Canon merilis EOS R5s beresolusi 90 MP.

Share
×
tekid
back to top