sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Rabu, 08 Jan 2020 08:45 WIB

Canon resmi rilis 1D X Mark III, harganya Rp90 juta

Kamera ini dapat memotret mode burst pada kecepatan 16 fps ketika menggunakan viewfinder dan 20 fps ketika menggunakan mode Live View.

Canon resmi rilis 1D X Mark III, harganya Rp90 juta
Source: DP Review

Setelah banyak rumor yang beredar, akhirnya Canon resmi mengumumkan kamera DSLR flagship mereka yang paling ditunggu-tunggu, EOS-1D X Mark III. Ya, ini adalah sebuah kamera pengganti EOS-1D Mark II yang dirilis pada tahun 2016. Tidak mengherankan jika 1D X Mark III hadir dalam peningkatan fitur dan performa yang signifikan.

Dilansir dari DP Review (7/1), Canon menyematkan 1D X Mark III dengan sensor CMOS full-frame 20 MP tipe baru yang menggunakan low-pass filter ‘berdetail tinggi’ dan prosesor Digic X terbaru. Perusahaan ini mengatakan bahwa prosesor gambar tersebut mampu meningkatkan kecepatan pemrosesan gambar hingga 3 kali dibandingkan dengan 1D X Mark II, dan meningkatkan pengoperasian Dual Pixel sebanyak 380 kali. Ada pula prosesor Digic 8 khusus untuk AF dan pengukuran melalui viewfinder.

Kini sistem AF menawarkan pendeteksian kepala dan wajah yang dilatih menggunakan ‘deep learning’. Dalam mode Live View, pengguna akan dimanjakan oleh Dual Pixel AF yang memiliki cakupan horizontal 90 persen dan vertikal 100 persen ditambah pendeteksi wajah dan mata. Kamera ini dapat memotret mode burst pada kecepatan 16 fps ketika menggunakan viewfinder dan 20 fps ketika menggunakan mode Live View. Proses buffering-nya diinformasikan sangat cepat, mampu mengambil lebih dari 1.000 gambar per burst.

1D X Mark III menawarkan foto HDR 10 bit dalam format gambar HEIF, menjadikannya salah satu kamera pertama yang melampaui JPG 8 bit. Selain memiliki ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format JPG, format HEIF juga mampu melakukan codec color gamut yang lebih lebar menggunakan kurva gamma PQ sehingga hasil foto akan memiliki kontras, warna, dan dynamic range yang lebih luas ketika dilihat pada monitor HDR.

Dalam hal video, DSLR ini mampu merekam video RAW 12 bit beresolusi 5,5K/60 fps pada bit rate 2.600 Mbps, atau hanya 1.800 Mbps pada 24p dan 30p. Ia juga diberitakan dapat merekam 4K DCI/60p tanpa adanya crop sensor. Tetapi tidak ada fungsi AF continuous saat merekam video 4K/60p atau 1080/120p.

Meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan dari pendahulunya dalam hal desain, 1D X Mark III dilengkapi dengan tombol berlampu dan ‘Smart Controller’ AF-On terbaru yang menggerakkan titik fokus melalui gerakan jari. Kamera ini memiliki slot kartu CFexpress ganda, yang diperlukan untuk menangani bit rate tinggi dari video beresolusi 5K. Baterai yang dimilikinya diklaim mampu bertahan hingga sekitar 2.850 foto jika menggunakan viewfinder dan 610 foto dalam mode Live View.

Canon mengatakan kamera DSLR EOS-1D X Mark III bakal tersedia pada pertengahan Februari 2020 dengan harga USD6499 (Rp90 juta).

Tag
Share
×
tekid
back to top