Canon punya kamera khusus untuk memotret langit malam

Hal yang perlu diingat adalah, jangan memiliki rencana untuk membeli kamera ini jika tidak tertarik dengan fotografi langit malam bercampur bintang.

Canon punya kamera khusus untuk memotret langit malam

Canon diam-diam meluncurkan kamera mirrorless full-frame untuk kebutuhan astrofotografi bernama EOS Ra. Ini merupakan kamera pertama mirrorless full-frame Canon yang ditujukan untuk memotret fotografi langit pada malam hari. Dilansir dari PetaPixel (5/11), huruf ‘a’ pada kamera tersebut kemungkinan kependekan dari ‘astrofotografi’.

EOS Ra memiliki filter IR yang dirancang khusus. “Ini memungkinkan transmisi sinar infra merah yang lebih dalam dari pancaran nebula, tanpa memerlukan optik atau aksesori khusus lainnya, kata Canon. Selain itu, kamera tersbut memungkinkan megnifikasi 30x pada EVF dan LCD, demi fokus ketika memotret citra langit malam.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Leica luncurkan kamera mirrorless SL2, harganya Rp84 juta

Sony umumkan kamera mirrorless full-frame a9 II

Tiga lensa mirrorless full-frame Canon sambangi Indonesia


Selain fitur khusus tersebut, kamera mirrorless ini memiliki spesifikasi yang identik dengan EOS R. Canon melengkapi EOS Ra dengan sensor CMOS beresolusi 30,3 MP, bodi kamera campuran magnesium, RF Mount, resolusi EVF dan LCD yang sama, dan sebagainya.

Hal yang perlu diingat adalah, jangan memiliki rencana untuk membeli kamera ini jika tidak tertarik dengan fotografi langit malam bercampur bintang, karena filter IR yang dimilikinya dapat menghadirkan kesulitan pada gambar dalam beberapa skenario pemotretan biasa.

Canon menjual kamera mirrorless Ra dengan harga USD2.500 (Rp35 juta). Belum ada informasi lebih lanjut kapan secara resmi kamera ini tersedia, namun menurut rumor, EOS Ra bakal hadir pada awal Desember 2019. Semua lensa canon dengan RF Mount dapat dipasang di Canon EOS Ra.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: