sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 22 Des 2020 10:53 WIB

Canon ganti tombol shutter fisik dengan touchpad

Dalam pengajuan paten baru-baru ini di Jepang, Canon mengungkapkan mereka sedang mencari cara untuk mengganti tombol shutter tradisional dengan touchpad sensitif sentuhan.

Canon ganti tombol shutter fisik dengan touchpad
Source: PetaPixel

Dalam kamera, tombol shutter adalah tombol yang paling penting ketimbang yang lainnya. Namun, sepanjang perkembangan teknologi pada industri kamera, tombol shuter tidak mengalami banyak inovasi selama bertahun-tahun. Berdasarkan alasan itu, tampaknya Canon sedang bekerja untuk menata ulang seperti apa tombol tersebut, menghilangkan tombol shutter fisik dan menggantinya dengan sistem shutter touchpad.

Dalam pengajuan paten baru-baru ini di Jepang, Canon mengungkapkan mereka sedang mencari cara untuk mengganti tombol shutter tradisional dengan touchpad sensitif sentuhan, sehingga akan memungkinkan area kamera tersebut digunakan untuk lebih dari sekadar mengatur AF/AE dan mengambil foto.

Dilansir dari Petapixel (22/12), touchpad semacam ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal yang bergantung pada apa yang sedang dilakukan pengguna dengan kamera. Misalnya, pengaturan yang sedang digunakan atau menu yang sedang dibuka.

Sama seperti layar LCD belakang kamera yang lebih dari sekadar menampilkan foto dan menu untuk memungkinkan pengguna mengubah pengaturan dan memilih titik fokus hanya dengan menyentuh, shutter touchpad juga dapat memberikan cara baru yang mudah bagi pengguna untuk mengubah pengaturan dengan cepat atau memilih titik fokus.

Tounchpad tersebut dapat memiliki sensor bawaan yang bisa mendeteksi apakah pengguna akan melakukan tindakan ‘tekan’ atau ‘geser’. Tetapi mungkin pengguna yang belum terbiasa harus beradaptasi dengan tombol shutter touchpad.

Satu lagu manfaat tombol shutter menggunakan sistem touchpad adalah meningkatkan tingkat kedap air, karena tombol shutter fisik adalah area di mana air dapat masuk dan merusak kamera. Namun, desain seperti ini masih sebatas paten. Tidak ada jaminan Canon akan benar-benar menghadirkannya.

Share
×
tekid
back to top