sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Kamis, 02 Des 2021 12:04 WIB

Canon EOS R3 sudah hadir di Indonesia, punya performa cepat dan Eye Control AF

Electronic shutter pada kamera ini menjanjikan mode continuous shooting hingga 30 fps pada resolusi penuh, bahkan dalam kondisi fitur pelacakan AF dan AE yang tetap aktif.

Canon EOS R3 sudah hadir di Indonesia, punya performa cepat dan Eye Control AF

Setelah resmi diumumkan secara global pada bulan September lalu, akhirnya hari ini (2/12) Canon EOS R3 resmi diumumkan di Indonesia. Masuk ke kelas flagship, EOS R3 merupakan kamera mirrorless full-frame seri EOS R terbaru yang digadang-gadang bakal menjadi idaman para fotografer olahraga, satwa liar, dan sebagainya. Dengan demikian, Canon menjejalkannya dengan fitur unggulan terbaru seperti Eye Control, Vehicle Priority AF, continuous 30 fps, hingga perekaman 6K RAW.

Sensor gambar yang digunakan dalam EOS R3 adalah back-illuminated stacked CMOS beresolusi 24,1 MP yang dipadukan dengan prosesor Digic X. Perpaduan ini diklaim memungkinkan EOS R3 menghadirkan kesempurnaan dalam kecepatan, akurasi, dan kualitas gambar.

Electronic shutter pada kamera ini menjanjikan mode continuous shooting hingga 30 fps pada resolusi penuh, bahkan dalam kondisi fitur pelacakan AF dan AE yang tetap aktif. Para fotografer tidak perlu khawatir ketika menggunakan electronic shutter, pasalnya pihak Canon mengatakan bahwa cara ini sangat minim menghasilkan gangguan rolling shutter. Oleh karena itu, tidak ada gangguan distorsi gambar ketika (misalnya) memotret burung yang sedang terbang atau sebagainya.

Teknologi Dual Pixel CMOS AF II digadang-gadang memberikan kecepatan dan keakuratan AF yang luar biasa. EOS R3 juga menawarkan fitur mutakhir yang sangat menarik yaitu Eye Control AF. Fitur ini mampu membuat pengguna untuk memilih titik fokus menggunakan gerakan mata melalui Electronic Viewfinder (EVF).

Canon mengatakan fitur Eye Control AF juga dapat digunakan ketika fotografer menggunakan kacamata. Dengan catatan, hal ini perlu dilakukan kalibrasi sehingga penetapan titik fokus tetap berkinerja secara akurat ketika menggunakan fitur tersebut.

Dengan refresh rate hingga 120 fps dan 5,76 juta titik pada EVF OLED memberikan kenyamanan pengguna untuk melihat bidikan dengan tampilan yang alami, serta tingkat kecerahan yang tinggi dan rentang dinamis yang luas. Pengguna juga bisa leluasa melakukan pengambilan gambar dari berbagai sudut dengan adanya LCD sentuh Vari-angle 3,2 inci.

Jika pengguna belum terbiasa dengan Eye Control AF, maka ada juga beberapa opsi untuk melakukan fokus otomatis. Canon terus mengembangkan EOS iTR (Intelligent Tracking & Recognition) AF X dengan teknologi deep-learning. Selain fitur Eye Detection AF dan Animal Detection AF, EOS R3 memiliki fitur baru untuk memotret aksi cepat otomotif yaitu Vehicle Priority AF.

Tidak 5 AXIS In-Body Image Stabilization 5 arah hingga 5,5 stop dan saat dipasangkan dengan lensa RF yang kompatibel, efektivitasnya bisa mencapai 8 stop, membuat pengambilan video dapat berjalan lebih halus, dan juga pada saat pemotretan long exposure tanpa tripod menjadi lebih stabil. Melalui PT Datascrip, Canon EOS R3 dijual dengan harga Rp117.370.000 (body only).

Share
×
tekid
back to top