sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Selasa, 29 Okt 2019 16:38 WIB

Bug Android 10 di Galaxy S10 bikin ponsel tak bisa diakses

Bug di Galaxy S10 menyebabkan pengguna tak bisa mengakses smartphone yang telah terkunci. Akses akan ditolak dengan metode apa pun.

Bug Android 10 di Galaxy S10 bikin ponsel tak bisa diakses
(Foto: Youtube)

Android 10 One UI 2.0 versi beta yang ditujukan untuk Samsung Galaxy S10 ternyata memiliki bug. Bug itu menyebabkan pengguna tak bisa mengakses smartphone yang telah terkunci. Akses ini ditolak baik menggunakan PIN, kata sandi, atau pun pola.

Masalah ini kemudian bisa diatasi dengan melakukan restart ponsel. Dilansir Sammobile (29/10), pengguna yang telah memakai fitur buka kunci "Remote" yang diaktifkan di ponsel mereka, bisa menggunakan layanan Find My Mobile Samsung untuk menghapus semua biometrik (kata sandi, PIN, pola, sidik jari dan pengenal wajah).

Namun karena bug menyebabkan perangkat menolak semua kata sandi, mereka tidak bisa menggunakan berbagai kata sandi baru.

Sayangnya tak semua orang juga mengaktifkan fitur buka kunci secara remote. Dan bagi sebagian pengguna, mereset ponsel kembali pada pengaturan pabrik atau mengembalikannya pada Android 9 Pie melalui Samsung Smart Switch menjadi solusi satu-satunya yang paling efektif. 

Tentu saja solusi itu bukan solusi terbaik karena akan menghilangkan data pengguna, khususnya di penyimpanan internal. Namun belum jelas bagaimana perusahaan akan memperbaiki masalah ini bagi pengguna Galaxy S10 yang tak ingin melakukan reset ke pengaturan pabrik. Pasalnya perangkat pun terkunci, sehingga pembaruan software pun sulit dilakukan.

Antisipasi bug

Sebelum bug itu mempengaruhi Anda yang menggunakan Galaxy S10 maupun Galaxy Note 10, Anda patut memperhatikan hal ini. Jika Anda menggunakan Android 10 beta pada Galaxy S10 atau Note 10, Anda disarankan untuk mengubah metode keamanan layar kunci. Gunakan opsi swipe atau tidak menggunakan fitur kunci seperti PIN, pola atau sidik jari dan pengenal wajah.

Fitur itu bisa ditemukan di menu Pengaturan »  Kunci layar. Anda juga harus mengaktifkan Remote unlock dari menu pengaturan, tepatnya di menu Biometrics and security » Find My Mobile, sehingga Anda bisa mengakses ponsel jika terjadi masalah di kemudian hari.

Share
×
tekid
back to top